Share

Pelatih PSM Tanggapi Kasus Rasisme terhadap Patrich Wanggai

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 49 2384685 pelatih-psm-tanggapi-kasus-rasisme-terhadap-patrich-wanggai-hXWrwl45wb.jpg Patrich Wanggai (Foto: Instagram @wanggaipatrich)

MALANG – Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 tengah memasuki matchday kedua. Meski dari segi protokol kesehatan berjalan lancar sejauh ini, namun terjadi kasus rasisme yang menodai kompetisi.

Beberapa waktu lalu, tepatnya setelah Persija Jakarta menghadapi PSM Makassar di matchday pertama Grup B, penyerang Juku Eja, Patrich Wanggai, mendapat perlakuan rasisme. Patrich Wanggai diserang dengan kata-kata hujatan di akun Instagram pribadinya.

Baca juga: Sudirman Minta Para Pemain Persija Jakarta Lebih Percaya Diri Hadapi Borneo FC

Menanggapi hal ini, Pelatih PSM Makassar, Syamsuddin Batola, tidak memungkiri bahwa rasisme memang merupakan penyakit yang belum hilang dalam sepakbola. Ia pun menganggap bahwa Patrich Wanggai sudah paham risiko menjadi pesepakbola.

Patrich Wanggai

Kendati demikian, Syamsuddin tentunya juga menyayangkan tindakan tidak menyenangkan tersebut. Karena biar bagaimanapun, sportifitas harus tetap dijaga dan saling menghargai satu sama lain.

Baca juga: Jelang Lawan Persija Jakarta di Piala Menpora 2021, Borneo FC Tampil Pincang

“Saya kira ini kan sudah biasa masalah rasis di mana-mana. Sebagai pemain profesional, itulah risikonya,” ujar Syamsuddin dalam konferensi pers virtual yang dilakukan Jumat (26/3/2021).

“Tapi saya juga menyayangkan masalah ini. Karana ini permainan sepakbola, dalam pertandingan tidak mau kalah, semuanya ingin tampilkan yang terbaik,” lanjutnya.

Selanjutnya PSM Makassar akan berhadapan dengan Bhayangkara Solo FC di matchday kedua babak penyisihan Grup B Piala Menpora 2021. Pertandingan tersebut akan dihelat pada Sabtu 27 Maret 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang.

PSM sejatinya punya modal bagus karena pada matchday pertama melawan Persija berhasil menang dengan skor 2-0. Namun, Bhayangkara juga tidak bisa diremehkan karena pada matchday pertama berhasil menumbangkan Borneo FC.

Persija vs PSM

“Bhayangkara tim yang punya kualitas bagus, pemain-pemain yang punya kualitas bagus, tapi saya akan berusaha semaksimal mungkin. Dan anak-anak saya juga setiap pertandingan harus main maksimal,” jelas Syamsuddin.

Saksikan Live Piala Menpora 2021 K-Vision (www.k-vision.tv) dengan Format High Definition di saluran on channel

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini