Terjadi Setelah Penutupan, Menpora Sebut Ulah Pendukung Tak Coreng Piala Menpora 2021

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 26 April 2021 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 49 2400961 terjadi-setelah-penutupan-menpora-sebut-ulah-pendukung-tak-coreng-piala-menpora-2021-HIrVSaeiME.jpg Persija Jakarta vs Persib Bandung (Foto: Media Persija)

SOLO – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memberikan reaksi soal ulah oknum suporter yang melakukan tindakan anarkis dan melanggar protokol kesehatan seusai Final Piala Menpora 2021. Menpora menilai peristiwa itu terjadi setelah turnamen usai, sehingga tak dapat dinyatakan mencoreng kesuksesan gelaran Piala Menpora 2021.

Menurut Amali, kejadian satu malam tak dapat dijadikan tolak ukur kesuksesan Piala Menpora yang berlangsung 35 hari. Menpora justru melihat turnamen pra musim ini berjalan sesuai harapan sebagaimana rencana di awal.

Meski begitu, Zainudin Amali tetap menyampaikan keprihatinan terhadap ulah oknum suporter yang terlarut dalam uforia. Ia pun meminta Kepolisian menindak tegas para suporter pelaku anarkisme maupun pelanggaran prokes kesehatan.

Persija vs Persib

“Harus pisahkan perjalanan panjang dari turnamen pramusim sampai penutupan itu sukses. Insiden muncul ini setelah ditutup semua sudah kembali, orang sudah tidak ada, dan ini di luar venue Solo dan Sleman. Sekali lagi kami menyambut baik langkah kepolisian, kita serahkan ke pihak kepolisian,” kata Zainudin Amali dalam jumpa pers yang berlangsung di Solo, Senin (26/4/2021)

“Karena ini ranahnya kepolisian, maka tentu saya minta tolong pihak kepolisian mencari ini siapa yang memulai. Kalau ada pelanggaran hukum harap diproses,” ujarnya.

Baca Juga: Oknum Suporter Persija dan Persib Bikin Ulah, Menpora: Optimis Liga 1 dan Liga 2 2021 Tetap Jalan

Sebagaimana diketahui, tersiar foto dan video yang menunjukkan oknum suporter Persija Jakarta merayakan keberhasilan tim kesayangan mereka dengan turun ke jalan. Hal ini secara jelas melanggar larangan untuk tidak berkerumun.

Peristiwa serupa tapi tak sama terjadi di Bandung. Kali ini aksi anarkis ditujukan saat suporter menyerang kantor Persib Bandung. Tak hanya itu, sweeping kepada kendaraan plat nomor B (Jakarta) yang melintasi Kota Bandung juga dilakukan.

Atas kasus ini, muncul kekhawatiran akan tidak diizinkannya penyelenggaraan liga domestik yang rencananya bergulir tahun ini. Pasalnya, Piala Menpora ini digadang-gadang sebagai tolak ukur diterbitkannya izin Liga 1 dan Liga 2.

Baca Juga: Oknum Suporter Persija dan Persib Turun ke Jalan, PSSI Minta Maaf

Namun, Zainudin merasa tetap optimis Liga yang diwacanakan bergulir 11 Juni 2021 ini tetap terselenggara. Ia menilai gelaran Piala Menpora sudah menjadi contoh yang baik.

“Untuk turnamennya kita lancar dan disiplin prokesnya dilakukan dengan baik, saya masih optimis kompetisi tetap bisa dilakukan, tapi tentu harus lebih ketat. Untuk pelaksanaannya kita lulus,” kata Zainudin Amali.

The Jakmania

Lebih lanjut, Zainudin Amali pun belum mau bersuara mengenai sistem pelaksanaan Liga 1 maupun Liga 2. Saat ini, ia menyerahkan segala kemungkinan kepada pihak panitia penyelenggara.

“Saya minta PT LIB dan PSSI untuk membuat kajian dengan pilihan-pilihan, saya belum mau masuk. Kita tunggu saja,” tuntas pria berusia 59 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini