Free Kick dalam Sepakbola Beserta Penjelasannya

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 51 2382936 free-kick-dalam-sepakbola-beserta-penjelasannya-wHLZM8PblF.JPG Momen Messi lakukan tendangan free kick. (Foto: Reuters)

Free Kick dalam sepakbola adalah salah satu momen terbaik untuk bisa mencetak gol. Namun, mencetak gol dari free kick atau tendangan bebas tidaklah mudah untuk dilakukan.

Free kick sendiri dapat terjadi bila ada pelanggaran yang dilakukan oleh pemain lawan. Selama pelanggaran dilakukan di luar kotak penalti, maka wasit akan memberikan tendangan bebas untuk yang menjadi korban pelanggaran tersebut.

Jadi, bisa dikatakan free kick adalah suatu bentuk sanksi atau hukuman atas pelanggaran yang terjadi. Wasit akan memberikan korban yang dilanggar itu menendang sebebas mungkin dari lokasi saat dirinya dilanggar.

Baca Juga: Teknik-Teknik Dasar Sepakbola

Momen free kick terjadi

Meski dikatakan tendangan bebas, namun biasanya jika terlalu dekat dengan gawang atau sudah masuk wilayah tim yang melanggar, maka tim tersebut berhak menjaga tendangan itu. Sejumlah pemain bakal berbaris untuk mencegah bola dengan mudahnya mengarah ke gawang.

Barisan yang menjaga pun harus memiliki jarak dengan si penendang. Biasanya jaraknya adalah kurang lebih 9 meter.

Tendangan bebas sendiri terbagi menjadi dua, yakni tendangan bebas tidak langsung dan langsung. Tidak langsung berarti wasit melihat pelanggaran itu tidak terlalu keras.

Lalu untuk tahu apakah itu tending bebas tidak langsung atau langsung biasanya wasit akan memberikan kodenya. Jika tangan wasit lurus ke atas saat meniupkan peluit, maka itu tendangan bebas tidak langsung.

Sedangkan tendangan bebas langsung, wasit akan memberi tanda dengan mengangkat tangannya dan lurus ke arah gawang saat meniupkan peluit. Lantas kini yang jadi pertanyaan, apa bedanya tendangan bebas tidak langsung dan langsung?

Pemain membentuk tembok untuk menghalau tendangan free kick

Khusus untuk tendangan bebas tidak langsung, pemain harus diawali sentuhan pemain lain untuk bisa menendang bola. Jadi, sebelum pemain menendang ke gawang, harus ada pemain lain yang menyentuh bola tersebut.

Sementara tendangan bebas langsung berarti pemain boleh langsung menendang ke gawang lawan atau arah lainnya tanpa harus bolanya disentuh pemain lain. Jadi, begitulah kurang lebih free kick dalam sepakbola dan penjelasan singkatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini