Teknik-Teknik Dasar Sepakbola

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 07 Desember 2020 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 51 2323188 teknik-teknik-dasar-sepakbola-H5L3BsYLbI.jpg Cristiano Ronaldo. (Foto/Reuters)

SEPAKBOLA merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer dan disenangi dari berbagai kelompok umur. Dalam memainkan sepakbola ada sejumlah teknik dasar, seperti menendang dan menahan bola. Saat menendang bola ada sejumlah teknik yang harus dikuasai para pemain.

Pada artikel ini akan membahas sejumlah teknik dasar bermain sepakbola yang dirangkum dari berbagai sumber.

Menendang Bola

Teknik ini adalah dasar bermain sepakbola. Para pesepakbola harus bisa mendorong bola menggunakan kaki, untuk mengoper atau menembak . Jika seorang pemain (kecuali kiper) kedapatan menggunakan tangan, maka pertandingan akan dihentikan dan tim yang melanggar mendapat hukuman berupa tendangan bebas bagi tim lawan.

Baca juga: Aturan-Aturan Dasar Sepakbola

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam

Pertama, berdiri dengan sikap tubuh menghadap bola. Satu kaki di depan dan kaki lainnya di belakang, kaki yang depan berada di samping bola, sekaligus menjadi tumpuan.

Foto/Wikihow

Sedangkan kaki lainnya digunakan untuk menendang bola. Caranya, kaki diayun ke belakang terlebih dahulu. Selanjutnya tendang bola dengan menyentuhkan kaki bagian dalam.

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar

Seperti menendang bola dengan kaki bagian dalam, tubuh pertam-pertama harus berada menghadap bola. Kaki berada di samping bola dan berfungsi sebagai tumpuan.

Sedangkan kaki lainnya tarik ke belakang sebagai ancang-ancang. Kemudian tendang bola dengan kaki bagian luar dengan posisi pergelangan kaki telah diputar.

Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung

Teknik diawali dengan sikap berdiri menghadap bola. Kaki berada di samping bola sebagai tumpuan. Sedangkan kaki lainnya di tarik ke belakang kemudian tendang bola menggunakan punggung kaki dengan posisi ujung kaki telah di arahkan ke bawah.

Foto/Wikihow

Teknik menahan bola

Posisikan kaki yang digunakan untuk menahan bola pada arah datangnya bola dan putar pergelangan kaki kea rah luar. Ketika bola mendekat, tarik kaki sedikit ke belakang agar bola tidak memantul jauh. Pastikan perkenaan bola tepat pada kaki bagian dalam

Teknik menggiring bola

Pertama, posisi badan berdiri di belakang bola. Posisi kedua kaki dibuka selebar bahu dengan posisi badan sedikit condong ke depan.

Kemudian bawa bola ke segala arah dengan cara menyetuh bola secara secara terus-menerus sambil berjalan atau berlari. Menggiring bola dapat dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan kaki bagian punggung baik.

Teknik Menyundul Bola

Menyundul bola merupakan teknik menyentuh bola menggunakan kepala. Caranya, saat bola mendekat, lakukan lompatan kemudian dorong tubuh ke depan dan kepala hingga mengenai bola menguatkan otot leher. Menyundul bola juga bisa dilakukan tanpa harus melompat.

Foto/Wikihow

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini