Aturan-Aturan Dasar Sepakbola

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 51 2312366 aturan-aturan-dasar-sepakbola-p7UohC5w1e.jpg Bola Liga Inggris 2020-2021. (Foto/Reuters)

SEPAKBOLA merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer dan disenangi dari berbagai kelompok umur. Dalam memainkan sepakbola terikat sejumlah aturan dasar, seperti jumlah pemain, luas lapangan hingga hukuman.

Dalam sepakbola dibutuhkan dua tim yang berisi sebelas pemain. Kedua tim harus mencetak gol tanpa menggunakan tangan sebanyak-banyak ke gawang lawan.

Berikut ini aturan-aturan dasar sepakbola yang dirangkum dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA):

Lapangan

Lapangan pertandingan sepakbola umumnya berupa lapangan rumput alami atau rumput sintetis. Lapangan memiliki ukurang panjang 100 hingga 120 meter dan lebar antara 64 hingga75 meter dan harus berbentuk persegi panjang. Di ujung lapangan terdapat gawang dengan lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter.

Foto/FIFA

Keempat sudut lapangan harus dibatasi oleh bendera sudut. Lingkaran pusat adalah istilah untuk garis melingkar dengan jari-jari 9.5 m di tengah area lapangan.

Pemain

Jumlah pemain pada setiap tim sepakbola maksimal terdiri dari sebelas orang ditambah dengan pemain cadangan. Kiper merupakan satu-satunya pemain yang diizinkan untuk meyentuh serta menangkap bola dengan tangan atau lengan mereka. Namun, kiper hanya bisa menggunakan tangan mereka di dalam area kotak penalti.

Foto/Persija Jakarta

Sejumlah pemain dapat diganti dengan pemain cadangan selama pertandingan. Jumlah maksimum pemain pengganti adalah tiga orang. Meski begitu, aturan penggantian pemain bisa berbeda dalam ajang kompetisi lain atau dalam pertandingan persahabatan.

Bola

Bola yang digunakan terbuat dari kulit. Bola harus memiliki keliling lingkaran minimal 68 sentimeter (cm) dan maksimal 71 cm. Untuk diameter lingkaran, ukuran bola berkisar antara 21 hingga 22,5 cm. Kemudian untuk berat, ukuran bola minimal 410 gram dan maksimal 450 gram.

Foto/Reuters

Lama Pertandingan

Lama permainan sepakbola normal adalah 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti.

Foto/Man United

Ada 3 wasit dalam pertandingan sepak bola. Satu wasit sebagai wasit utama bertugas untuk mengawasi jalannya pertandingan dan memberikan keputusan selama jalannya pertandingan. Wasit utama posisinya di dalam lapangan. Dan terdapat 2 wasit sebagai asisten wasit untuk membantu mengawasi jalannya pertandingan.

Gol

Gol adalah situasi saat seluruh bagian bola melewati garis gawang. Setelah terjadi gol, bola akan dimulai kembali dari tengah lapangan.

Foto/Barcelona

Lemparan ke Dalam

Lemparan ke dalam merupakan keadaan saat bola keluar dari garis lapangan. Tim yang tidak mengeluarkan bola dari lapangan, akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan lemparan ke dalam dengan menggunakan kedua tangannya.

Foto/Reuters

Tendangan Sudut

Tendangan sudut diberikan ketika seluruh bagian bola melewati garis gawang lawan, secara menggelinding ataupun melayang di udara. Tim lawan selanjutnya berhak mendapat tendangan dengan menempakan bola di sudut kanan atau kiri sudu lapangan.

Foto/Reuters

Tendangan Bebas

Tendangan gawang adalah metode tendangan yang dilakukan dari area dalam penalti yang disebabkan kontak bola terakhir pada pemain lawan sebelum melewati garis gawang luar. Apabila terjadi kontak terakhir bola pada pemain sendiri sebelum melewati garis gawang luar, maka tendangan sudut yang diberikan.

Penalti

Tendangan penalti atau tembakan hukuman karena pemain melanggar peraturan permainan di wilayah kotak area gawang sendiri. Penalti dilakukan dari titik berjarak 11 meter menuju gawang. Tendangan penalti dilakukan selama permainan berlangsung.

Foto/Man United

Pelanggaran

Pelanggaran adalah situasi di mana pemain melakukan tindakan melanggar aturan. Pemain yang melanggar akan mendapatkan teguran dari wasit, bisa berupa kartu kuning atau kartu merah. Jika pemain mendapatkan kartu merah, pemain harus meningalkan lapangan lebih dulu. Sedangkan tim yang dilanggar mendapat tendangan bebas.

Foto/Reuters

Offside

Offside adalah siuasi pemain lawan yang menerima operan telah lebih dulu melewati garis pemain lawan. Jika pemain lawan terkena offside, tim lain akan mendapatkan tendangan bebas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini