5 Calon Pengganti Joachim Low di Timnas Jerman

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 51 2375455 5-calon-pengganti-joachim-low-di-timnas-jerman-igiDLQ5bDt.jpg Arsene Wenger (Foto: Valeriano Di Domenico/REUTERS)

SEBUAH pernyataan mengejutkan diutarakan oleh Joachim Low beberapa saat lalu Ya, Low mengonfirmasi bahwa dirinya bakal mundur dari kursi kepelatihan tim nasional (Timnas) Jerman seusai Piala Eropa 2020 yang berlangsung pada musim panas nanti.

Low sendiri resmi menjabat sebagai pelatih Timnas Jerman sejak 2006 silam guna menggantikan peran Jurgen Klinsmann. Selama menjabat sebagai juru taktik Der Panzer –julukan Timnas Jerman, Low memang berhasil menghadirkan prestasi gemilang.

Ya, Low berhasil membawa Timnas Jerman keluar sebagai kampiun Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil. Keputusan Low mundur pun membuat induk sepakbola Jerman mulai bergerak cepat mencari penggantinya. Setidaknya ada lima nama sebagai calon pengganti Low di Timnas Jerman.

Berikut lima calon pengganti Low di Timnas Jerman:

5. Hansi Flick

Hansi Flick

Tidak mengejutkan memang nama Hansi Flick masuk dalam kandidat suksesor Low di Timnas Jerman. Terlebih semenjak diangkat sebagai pelatih Bayern Munich, Flick memang berhasil menjelma sebagai salah satu juru taktik papan atas dunia.

Bagaimana tidak, Flick berhasil membawa Die Roten –julukan Bayern– menyabet enam gelar pada tahun perdananya sebagai pelatih. Keenam gelar yang dipersembahkan Flick untuk Bayern di antaranya adalah Liga Jerman, DFB Pokal, Piala Super Jerman, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub.

4. Arsene Wenger

Arsene Wenger

Timnas Jerman memang bisa dikatakan hampir tidak pernah memakai jasa pelatih asing untuk membesut skuad mereka. Akan tetapi nama besar Arsene Wenger bisa membuat pelatih asal Prancis itu masuk dalam pengecualian.

Terlebih Wenger sendiri memang memiliki rekam jejak luar biasa kala menjadi arsitek Arsenal. Ya, The Professor –julukan Wenger– sempat membawa Arsenal melewati satu musim kompetisi Liga Inggris tanpa menelan kekalahan. Prestasi itu berhasil ditorehkan Wenger di musim 2003-2004.

3. Ralph Hasenhuttl

Ralph Hasenhuttl

Sama seperti Arsene Wenger, nama Ralph Hasenhuttl bisa masuk dalam pengecualian bagi Timnas Jerman menggunakan jasa pelatih asing untuk membesut skuad mereka. Terlebih, manajer Southampton itu sendiri memang memiliki nama baik dalam pesepakbolaan Jerman.

Ya, Hasenhuttl sempat menjabat sebagai pelatih RB Leipzig untuk periode 2014 hingga 2016. Selama membesut RB Leipzig, pelatih berpaspor Austria tersebut memang cukup mengesankan. Kondisi itu membuat nama Hasenhuttl masuk sebagai calon pengganti Low di Timnas Jerman.

2. Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann

Nama Julian Nagelsmann memang sangat masuk akal masuk dalam daftar calon pengganti Low di Timnas Jerman. Terlebih semenjak awal kemunculannya sebagai pelatih profesional, Nagelsmann memang berhasil mencuri perhatian.

Meski sejauh ini, Nagelsmann memang belum berhasil mempersembahkan gelar juara untuk tim asuhannya. Akan tetapi dengan usia masih 33 tahun, Nagelsmann bisa menjadi proyek masa depan yang menjanjikan untuk Timnas Jerman.

1. Jurgen Klopp

Jurgen Klopp

Nampaknya tidak ada nama paling kuat untuk menjadi pengganti Low selain Jurgen Klopp pada saat ini. Pasalnya dari segi pengalaman, Klopp memang bisa dikatakan sudah sangat layak menjabat sebagai pelatih Jerman.

Selain itu, Klopp juga dikenal sebagai salah satu pelatih papan atas dengan selalu menghadirkan prestasi gemilang di setiap klub yang diasuhnya. Hal tersebut terbukti dengan keberhasilan Klopp membawa Borussia Dortmund serta Liverpool meraih sejumlah prestasi gemilang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini