Ini Posisi Bermain Asnawi Mangkualam di Ansan Greeners

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 51 2361095 ini-posisi-bermain-asnawi-mangkualam-di-ansan-greeners-4OqS6V0I2g.jpg Asnawi Mangkualam. (Foto: Instagram/asnawi)

ANSAN – Banyak yang menantikan aksi Asnawi Mangkualam bersama klub barunya yakni, Ansan Greeners. Rata-rata ingin melihat bagaimana permainan Asnawi di kompetisi sepakbola Korea Selatan (Korsel) dan ada juga yang penasaran bakal dimainkan di mana pemain asal Indonesia tersebut nanti.

Menariknya, pertanyaan mengenai bakal bermain di posisi mana Asnawi di Ansan Greeners sudah terjawab oleh sang pelatih, Kim Gil-sik. Dalam sebuah wawancara bersama SPORTS-G, Gil-sik mengaku bakal memasang Asnawai sebagai seorang fullback kanan.

Alasannya karena Gil-sik memang membutuhkan pemain di posisi itu. Untungnya, saat pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, merekomendasikan Asnawi kepada Gil-sik, ia pun langsung setuju karena pemain kelahiran Makassar itu pun sudah cukup sering bermain sebagai seorang right back.

Baca Juga: Pelatih Ansan Greeners Pede Asnawi Bisa Berkembang Pesat di Korea Selatan

Asnawi Mangkualam

Asnawi sendiri sebenarnya pertama kali bermain adalah seorang gelandang. Namun saat membela Timnas Indonesia U-19, ia dipaksa Indra Sjafri untuk bermain sebagai fullback kanan.

Indra Sjafri memaksa Asnawi bermain di sisi sebelah kanan pertahanan karena pemain utamanya pada saat itu, Rifad Marabessy mengalami cedera.

Jadi, sejak saat itu atau pada 2018 silam, Asnawi memulai kariernya sebagai seorang fullback kanan dan hal tersebut terus ia pertahankan. Gara-gara bermain sebagai fullback kanan itu, ia pun pada akhirnya memiliki kesempatan bermain di K-League 2 bersama Ansan Greeners.

“Ya, saya akan menggunakan dia sebagai right back ketimbang memainkannya di tengah. Semoga dia bisa menunjukkan kemampuannya,” kata Gil-sik, seperti yang dikutip dari wawancara akun youtube Sports-G, Jumat (12/2/2021).

Gil-sik pun berharap Asnawi bisa beradaptasi dengan cepat di Korsel. Ia juga percaya dengan kemampuan yang dimiliki Asnawi sekarang ini, seharusnya mampu membuat pemain tersebut mendapatkan tempat di tim utama Ansan Greeners.

Asnawi Mangkualam

“Pertama saya harus melihat secara langsung bagaimana Asnawi bermain dengan tim kami. Semoga dia bisa cepat beradaptasi. Pastinya akan ada persaingan antara pemain dengan posisi yang sama,” lanjutnya.

“Akan tetapi, jika dia yang menunjukkan kemampuannya dengan baik, Saya rasa dia bisa menjadi starter. Karena seperti yang saya bilang sebelumnya, saya sangat menilai tinggi kemampuan dari Asnawi,” tutup Gil-sik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini