Terungkap! Ini Alasan Ferguson Enggan Jual Cristiano Ronaldo ke Real Madrid

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 51 2343743 terungkap-ini-alasan-ferguson-enggan-jual-cristiano-ronaldo-ke-real-madrid-s8GUdlZNfm.jpg Cristiano Ronaldo dan Ferguson layaknya ayah dan anak. (Foto: REUTERS)

MADRID – Pelatih legenda Manchester United, Sir Alex Ferguson, sempat berkali-kali menolak melepas pemain kesayangannya, Cristiano Ronaldo, ke Real Madrid. Bahkan saking tidak relanya melihat Cristiano Ronaldo pindah ke Real Madrid, Fergie –sapaan akrab Ferguson– sampai menawarkan CR7 –sapaan akrab Cristiano Ronaldo– ke Barcelona.

Setidaknya ada dua alasan yang melatarbelakangi Fergie ingin melihat Cristiano Ronaldo gabung Barcelona. Pertama jika gabung Barcelona, Cristiano Ronaldo yang notabene pemain kesayangan Fergie akan bergabung bersama salah satu klub raksasa Eropa.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo bersama Sir Alex Ferguson)

Terlebih, Barcelona baru saja menancapkan kuku mereka di percaturan sepakbola Eropa. Barcelona baru saja meraih treble winner, yakni memenangkan Liga Spanyol, Copa del Rey dan Liga Champions 2008-2009.

Kedua karena faktor finansial. Dalam pandangan Fergie, Barcelona salah satu klub yang mampu menembus banderol Cristiano Ronaldo saat itu yang mencapai 94 juta euro (Rp1,62 triliun).

Ketika Man United tampil di Piala Dunia Klub pada medio Desember 2008, kencang beredar kabar Cristiano Ronaldo akan pindah ke Real Madrid pada musim panas 2009. Namun, secara tegas Fergie menolak kabar tersebut.

BACA JUGA: Georgina Rodriguez Tampak Menggoda dengan Tanktop Hitam, Netizen Heboh

“Saya bahkan takkan menjual virus kepada mereka (Madrid). Jadi, tidak ada kesepakatan antara Man United dan Madrid untuk Ronaldo,” kata Ferguson saat itu, mengutip dari The Guardian.

Lantas, apa alasan Ferguson enggan melepas Cristiano Ronaldo ke Madrid saat itu? Menurut laporan AS, Fergie tak rela Cristiano Ronaldo pindah ke Real Madrid. Sebab jika Cristiano Ronaldo pindah ke Madrid, Los Blancos –julukan Madrid– jauh lebih berbahaya saat mentas di Liga Champions.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo sukses besar bersama Real Madrid)

Sekadar informasi ketika Fergie menolak menjual Cristiano Ronaldo, Madrid berstatus sebagai tim dengan koleksi trofi Liga Champions terbanyak dengan sembilan gelar. Sementara Man United beberapa bulan sebelumnya baru saja mendapatkan trofi ketiga si Kuping Besar.

Namun, pada akhirnya uang yang berbicara. Manajemen Man United bersedia melepas Cristiano Ronaldo ke Madrid pada musim panas 2009 seharga 94 juta euro. Ketakutan Fergie pun kesampaian.

Cristiano Ronaldo membantu Madrid empat kali juara Liga Champions hanya dalam kurun sembilan tahun (2009-2018). Alhasil, Madrid masih berstatus tim tersukses di Liga Champions saat ini dengan 13 gelar, unggul 10 trofi dari Man United.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini