5 Calon Pelatih yang Bisa Gantikan Posisi Solskjaer, Nomor 1 Kandidat Terkuat

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 51 2327221 5-calon-pelatih-yang-bisa-gantikan-posisi-solskjaer-nomor-1-kandidat-terkuat-CUhRQZN8sP.jpg Mauricio Pochettino (Foto: Laman resmi UEFA)

MANCHESTER – Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, sedang berada dalam posisi terancam. Penampilan buruk Man United dalam bebebrapa laga terakhir membuat Solskjaer semakin dekat ke dalam jurang pemecatan.

Sebelumnya, Solskjaer sudah cukup sering dihadapkan pada situasi ini. Namun begitu, ia sering terselamatkan karena mampu membawa Man United bangkit kembali. Hanya saja, satu-satunya permasalahan Man United di bawah arahan Solskjaer adalah masalah inkonsistensi.

Namun, jika penampilan klub tidak membaik, bukan tidak mungkin Man United akan memecat Solskjaer. Andai Solskjaer mengalami pemecatan, lalu siapa yang akan menggantikan pelatih asal Norwegia tersebut. Berikut lima calon pelatih yang bisa gantikan Solskjaer di Man United.

5. Andre Villas-Boas

Villa-Boas adalah salah satu ahli taktik muda yang paling menjanjikan dalam permainan inni. Setelah memenangkan Liga Portugal dan Eropa bersama Porto, Villas-Boas menangani Chelsea pada musim panas 2011. Sayangnya, ia tidak bertahan lama.

Setelah itu, ia melatih Tottenham Hotspur hingga menghasilkan sosok Gareth Bale. Karier berikutnya, Villas-Boas menangani Zenit St. Petersburg dan Shanghai sebelum tiba di Marseille pada musim panas lalu.

Meski memiliki sumber daya minim, tetapi ia mampu membawa Marseille tampil di Liga Champions untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun. Meski sudah tersingkir, tetapi sosok Villas-Boas dianggap menjadi sosok yang membangkitkan Marseille. Hal ini membuat dirinya bisa menjadi pilihan untuk Man United jika membutuhkan pengganti Solskjaer.

Andre Villas-Boas

4. Thomas Tuchel

Nama Tuchel bisa masuk dalam daftar untuk menggantikan Solskjaer. Pelatih asal Jerman ini bisa tersedia paling cepat musim panas mendatang, karena kontraknya di klub Prancis itu habis pada akhir musim.

Sejak kedatangannya di Paris, Tuchel telah melakukan pekerjaan baik. Ia memenangkan gelar liga berturut-turut dan membawa PSG tampil di final Liga Champions pertama mereka pada musim lalu. Ia pun dikenal sebagai pelatih yang memiliki fleksibilitas taktis yang mengesankan.

Dengan banyaknya 'bintang' di Old Trafford, pengalaman Tuchel dalam mengelola ego para pemain besar seperti Kylian Mbappe, Neymar dan Angel Di Maria di PSG bisa berguna. Sejauh ini, tidak ada orang yang lebih baik dari Tuchel untuk membantu klub mengakhiri kemarau panjang liga mereka.

Thomas Tuchel

3. Julian Nagelsmann

Nagelsmann adalah salah satu pelatih aktif termuda di klub sepakbola Eropa. Ia bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengambil alih Man United, karena ia telah mengukir perstasi apik selama karier kepelatihannya yang relatif singkat.

Saat ini, ia menagani RB Leipzig yang selalu tampil sebagai kuda hitam. Pada musim lalu, Nagelsmann berhaisl membawa Leipzig ke semifinal Liga Champions dalam kampanye debut klub di kompetisi tersebut. Bahkan musim ini, Leipzig sukses mengalahkan Man United dalam perebutan tempat babak 16 besar.

Nagelsmann, yang telah menunjukkan kecenderungan untuk sepak bola menyerang yang cepat menekan. Jika pekerjaan teratas di Man United tersedia, pelatih berusia 33 tahun itu pasti akan menjadi salah satu pesaing untuk hal yang sama meski memiliki kontrak dengan Leipzig hingga 2023.

Julian Nagelsmann

2. Massimiliano Allegri

Mantan pelatih Allegri mungkin bisa menjadi opsi yang sangat menarik untuk Man United. Pria berpaspor Italia tersebut memiliki resume paling mengesankan dalam manajemen sepakbola. Apalagi baru-baru ini ia telah menyatakan minatnya untuk mengelola klub di Liga Inggris.

Allegri dikenal karena keserbagunaan taktis dan kecerdasannya. Karena itu, tak heran ia berhasil membawa Juventus meraih lima gelar Liga Italia berturut-turut selama tugas yang sangat sukses di Juventus. Bahkan ia sempat memimpin Juventus ke dua final Liga Champions.

Saat ini, Allegri tetap menjadi salah satu manajer paling sukses dalam sejarah Juventus. Allegri dilaporkan sudah berada di radar kebanyakan klub top, dengan salah satunya adalah Manchester United. Jika Solskjaer dibebaskan dari tugasnya, klub Old Trafford harus memasukkan Allegri dalam daftar pilihan.

Massimiliano Allegri

1. Mauricio Pochettino

Mantan pelatih Tottenham ini bisa dibilang orang terbaik untuk mengambil posisi Solskjaer. Ia dikenal sebagai salah satu pelatih ahli taktik paling ceridk dalam permainan. Meski belum memiliki trofi bersama Tottenham, tetapi ia punya kemampuan mumpuni.

Pada musim 2018-2019, Pochettino berhasil membawa Tottenham tampil hingga ke level tinggi yakni menembus final Liga Champions. Sayangnya pada partai puncak mereka harus menyerah dari rekan senegaranya yakni Liverpool.

Pochettino memiliki gaya sepak bola menyerang tinggi. Ia juga memiliki keterampilan manajemen manusia yang mengesankan. Bukan tidak mungkin, Pochettino tiba di Man United dalam waktu singkat, karena ia saat ini tanpa klub setelah meninggalkan Spurs tahun lalu.

Mauricio Pochettino

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini