5 Calon Pelatih Pengganti Andrea Pirlo di Juventus, Nomor 1 Pulang Kampung

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 47 2319382 5-calon-pelatih-pengganti-andrea-pirlo-di-juventus-nomor-1-pulang-kampung-wXlI1xQCwu.jpg Pirlo bisa dipecat Juventus. (Foto: Twitter/@juventusfc)

KEPANTASAN Andrea Pirlo sebagai pelatih Juventus mulai dipertanyakan. Pelatih 41 tahun itu gagal mendongkrak performa Juventus. Dari 13 pertandingan di semua kompetisi bersama Juventus, Pirlo hanya memberikan tujuh kemenangan, lima imbang dan satu kalah.

Khusus di Liga Italia, Pirlo hanya memberikan empat menang dan lima imbang dalam sembilan pekan awal kompetisi 2020-2021. Alhasil, Juventus saat ini menduduki posisi empat klasemen Liga Italia 2020-2021 dengan koleksi 17 angka, terpaut enam poin dari AC Milan di tempat teratas.

Pencapaian di atas praktis tidak sebanding dengan nama besar yang dimiliki Juventus saat ini yang notabene juara Liga Italia sembilan musim beruntun. Karena itu, rumor pemecatan Pirlo kembali berembus dan sejumlah nama calon pengganti pelatih asal Italia itu kembali bermunculan. Siapa saja calon pengganti Pirlo di Juventus?

Berikut 5 calon pelatih pengganti Andrea Pirlo di Juventus, mengutip dari Sportskeeda:

5. Zinedine Zidane (Real Madrid)

Zinedine Zidane

Kontrak Zidane bersama Real Madrid masih terikat hingga 30 Juni 2022. Namun, bukan berarti Zizou –sapaan akrab Zidane– tak bisa hengkang ke Juventus. Hanya saja, Zidane diprediksi baru hengkang ke Juventus ketika musim 2020-2021 berakhir, jika manajemen si Nyonya Tua benar-benar memecat Pirlo.

Jika Zidane ke Juventus, praktis memperbesar peluang Bianconeri –julukan Juventus– memenangkan trofi Liga Champions. Sekadar informasi, semenjak menjadi pelatih profesional pada 2016, Zidane telah memenangkan tiga trofi Liga Champions. Jumlah itu unggul satu gelar dari Juventus yang sudah berdiri sejak 1 November 1897.

4. Thomas Tuchel (PSG)

Thomas Tuchel

Masa depan Thomas Tuchel bersama PSG sedang tidak menentu. Sebab, dalam lima pertandingan terkini saja, Les Parisiens –julukan PSG– mengalami dua kali kekalahan. Karena itu, jika Thomas Tuchel dipecat dari kursi pelatih PSG, juru taktik asal Jerman itu dapat masuk menggantikan Pirlo.

Hanya saja, Tuchel dinilai kurang masuk kriteria pelatih yang dibutuhkan Juventus, yang mana mencari juru taktik yang berpengalaman memenangkan trofi si Kuping Besar. Terbukti semenjak menjadi pelatih profesional pada 2007, Tuchel belum pernah memenangkan gelar Liga Champions.

3. Julian Nagelsmann (RB Leipzig)

Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann merupakan pelatih termuda yang membawa sebuah tim menembus semifinal Liga Champions. Ketika membawa RB Leipzig lolos ke semifinal Liga Champions 2019-2020, usia Julian Nagelsmann baru 33 tahun!

Hal yang membuat Julian Nagelsmann terlihat luar biasa karena ia mengantarkan RB Leipzig ke semifinal dengan skuad seadanya. Karena itu, menarik menanti keputusan apa yang diambil manajemen Juventus.

2. Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino

Pochettino bukanlah buruan baru Juventus. Pada musim panas 2019, Juventus memburu Pochettino yang masih menangani Tottenham Hotspur. Namun, karena tidak dilepas Daniel Levy –presiden Tottenham, Pochettino gagal berlabuh di Stadon Allianz.

Peluang Juventus mendapatkan Pochettino saat ini cukup besar. Jika pun Juventus memecat Pirlo saat ini, mereka bisa langsung mendekati Pochettino. Sebab, semenjak November 2019 atau setelah dipecat Tottenham, Pochettino tidak terikat kontrak dengan klub mana pun.

1. Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri

Sama seperti Pochettino, Allegri juga tidak terikat kontrak dengan klub mana pun. Namun, Allegri memiliki nilai tambah ketimbang Pochettino. Selain berpengalaman menangani Juventus (2014-2019), Allegri juga akrab dengan gelar juara.

Ketika menangani Juventus selama lima tahun, Allegri memenangkan 11 trofi. Hebatnya dari 11 trofi itu, lima di antaranya merupakan gelar Liga Italia. Hebatnya lima gelar itu disabet Juventus secara beruntun!

Karena itu, Allegri memiliki kesempatan yang sangat besar comeback ke Stadion Allianz. Menarik menanti keputusan apa yang diambil manajemen Juventus. Sampai kapan manajemen Juventus bersabar kepada Pirlo?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini