Selebrasi Messi untuk Maradona Langgar Aturan, Barcelona Bakal Didenda Rp50,9 Juta

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 01 Desember 2020 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 46 2319156 selebrasi-messi-untuk-maradona-langgar-aturan-barcelona-bakal-didenda-rp50-9-juta-xADD2c8GO3.JPG Lionel Messi membuat Barcelona bakal dijatuhi denda (Foto: Reuters/Albert Gea)

BARCELONA – Selebrasi emosional dilakukan Lionel Messi untuk mengenang mendiang Diego Armando Maradona pada laga Barcelona vs Osasuna, Minggu 29 November 2020 malam WIB. Sayangnya, selebrasi tersebut membuat Blaugrana berpotensi dijatuhi denda.

Pada laga yang dilangsungkan di Stadion Camp Nou tersebut, Lionel Messi turut menyumbang satu gol dalam kemenangan 4-0 atas Osasuna. Sesuai mencetak gol, La Pulga langsung membuka kausnya dan memperlihatkan seragam klub Newell’s Old Boys yang dipakainya sejak awal laga.

Tentu saja, selebrasi itu dipersembahkan untuk mendiang Diego Armando Maradona. El Pibe de Oro diketahui pernah bermain untuk Newell’s Old Boys pada 1993-1994 sebelum hengkang ke Boca Juniors. Newell’s sendiri berasal dari Kota Rosario, kampung halaman Lionel Messi.

Baca juga: Cerita Messi Saksikan Langsung Aksi Diego Maradona Berseragam Newell’s Old Boys

Lionel Messi mempersembahkan gol untuk Diego Maradona (Foto: Reuters/Albert Gea)

Sayangnya, tindakan mulia Lionel Messi berpotensi menghadirkan denda bagi Barcelona. Sebab, sang megabintang melanggar ketentuan Kode Disiplin Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) Pasal 91. Dalam pasal tersebut, pesepakbola dilarang membuka kostumnya untuk memperlihatkan pesan-pesan tertentu.

“Pesepakbola, yang dalam hal ini mencetak gol, atau tujuan apa pun yang berasal dari perubahan permainan, mengangkat kostumnya dan menunjukkan iklan, slogan, akronim, anagram, gambar, konten apa pun, atau tujuan dari tindakannya itu akan dihukum,” bunyi pasal tersebut, dikutip dari Football Espana, Selasa (1/12/2020).

“Pesepakbola tersebut akan didakwa melakukan pelanggaran serius, dan akan dijatuhi hukuman denda mencapai 3.000 Euro (setara Rp50,9 juta), serta peringatan keras,” imbuh pasal itu.

Sekadar informasi, Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) juga melarang selebrasi gol dengan cara melepaskan atau mengangkat kaus guna menunjukkan pesan-pesan apa pun sejak satu dekade lalu. Pemain yang melanggar aturan tersebut akan dikenai hukuman kartu kuning dari wasit.

Lionel Messi sendiri langsung dihadiahi kartu kuning oleh wasit setelah melakukan selebrasi tersebut. Namun, tidak sedikit pula yang kagum dengan selebrasi menyentuh itu. Sebab, selebrasi itu menunjukkan kedekatan dan tingginya rasa hormat sang junior kepada seniornya yang berpulang pekan lalu.

Diego Maradona meninggal dunia pada Kamis 26 November 2020 tengah malam WIB (Foto: Reuters)

Seperti diketahui, Diego Armando Maradona meninggal dunia pada Kamis 26 November 2020 tengah malam WIB. Pria berkebangsaan Argentina itu wafat pada usia 60 tahun akibat serangan jantung. Sebelumnya, ia dirawat sejak awal November 2020 setelah mengalami pembekuan darah di otak.

Kepergian Diego Maradona langsung membuat segenap masyarakat Argentina, termasuk Lionel Messi bersedih. Mereka tidak hanya kehilangan seorang legenda sepakbola, tetapi juga pahlawan nasional berkat aksi-aksinya di Piala Dunia 1986.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini