Pique Enggan Lakukan Operasi, Keputusan yang Tepat untuk Barcelona?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 02:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 46 2317011 pique-enggan-lakukan-operasi-keputusan-yang-tepat-untuk-barcelona-g6KdRdaBAi.JPG Pemain Barcelona, Gerard Pique. (Foto: Reuters)

BARCELONA – Laga melawan Atletico Madrid telah membuat Barcelona banyak merugi. Sebab pada laga lanjutan Liga Spanyol 2020-2021 pada 22 November 2020 kemarin, Barcelona tak hanya kalah 0-1, tapi juga kehilangan beberapa pemainnya dikarenakan cedera.

Setidaknya ada dua pemain Barcelona yang cedera, yakni Gerard Pique dan Sergi Roberto. Nahasnya, cedera yang dialami Pique ternyata cukup parah dikarenakan ia cedera ligamen.

Gara-gara cedera ligamen itu, Pique lantas disarankan untuk melakukan operasi secepat mungkin. Masalahnya, operasi ligamen membutuhkan waktu penyembuhan lebih dari tiga bulan. Bahkan ada yang sampai memakain waktu delapan bulan.

Baca Juga: Pique Cedera, Carles Puyol Kirim Pesan Khusus

Gerard Pique

Jika hal tersebut dipilih, maka otomatis ada peluang Pique harus merelakan musim 2020-2021 karena ia dipastikan takkan bisa kembali di tahun kompetisi tersebut. Karena masih ingin membela Barcelona di musim ini, laporan dari Marca, Jumat (27/11/2020), mengatakan Pique lantas memutuskan untuk tak melakukan operasi.

Keputusan Pique itu bisa jadi merupakan kabar baik untuk Barcelona. Sebab Pique masih bisa kembali di musim ini usai menjalani perawatan yang jauh lebih konservatif. Namun, tetap membutuhkan waktu yang lama karena kemungkinan Pique baru bisa kembali April 2021.

Tentunya tak semua keputusan untuk tidak melakukan operasi menjadi sebuah pilihan yang baik untuk Pique. Sebab Barcelona juga pernah mengalami kasus yang sama pada 2018 silam dengan Samuel Umtiti.

Pada saat itu Umtiti juga menolak melakukan operasi usai mengalami cedera ligamen. Karena keputusan itu Umtiti memang bisa kembali bermain dengan cepat.

Sayangnya, dampak buruk justru menanti Umtiti setelah keputusannya itu. Bek asal Prancis itu jadi lebih rawan cedera hingga akhirnya menit bermainnya di Barcelona pun mulai berkurang beberapa waktu yang lalu dikarenakan ia cedera.

Gerard Pique

Dampak kedepannya dari keputusan tak melakukan operasi ligamen seharusnya menjadi pertimbangan Pique. Namun, tentunya Pique sudah berkonsultasi dengan pihak dokter Barcelona.

Sebelumnya, dr Ramon Cugat yang menangani Pique sempat mengatakan bek asal Spanyol tersebut memang tak perlu melakukan operasi. Sebab setiap lutut pemain itu berbeda, jadi ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan untuk operasi atau tidak.

“Banyak membicarakan terkait seberapa lama dia (Pique) akan absen. Hal itu karena setiap lutut itu berbeda. Jadi, kami harus bijaksana, membicarakannya dengan pemain, dan kemudian barulah mengambil keputusan," ungkap Cugat, seperti yang dikutip dari Mundo Deportivo, Jumat (27/11/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini