Diogo Jota Gemilang, tapi Jurgen Klopp Masih Butuh Firmino

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 261 2316141 diogo-jota-gemilang-tapi-jurgen-klopp-masih-butuh-firmino-wX2ijCFpwS.jpg Roberto Firmino dan Jurgen Klopp (Foto: Media Liverpool)

LIVERPOOL – Meski baru diboyong oleh Liverpool pada bursa transfer musim panas 2020, namun Diogo Jota langsung tampil padu dan mencatatkan performa gemilang. Pada akhirnya, Jota pun disebut-sebut bakal menggeser Roberto Firmino dari starting XI Liverpool.

Dalam 12 pertandingan yang telah dilakoni Jota sepanjang musim ini, pemain berpaspor Portugal itu sukses melesakkan delapan gol. Sementara itu, Firmino baru bisa membukukan dua gol dan dan dua assist dari 13 kali bertanding.

Tak ayal, sejumlah pihak menilai bahwa Jota adalah pemain yang lebih baik dari Firmino. Sebab, ketika Jota diturunkan, lini serang The Reds memiliki peluang lebih besar mencetak gol dengan kombinasinya bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Baca juga: Ketika Legenda Bintang Film Dewasa Mia Khalifa Puji Mohamed Salah

Mane, Jota, Salah

Kendati demikian, Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, memiliki pemikirannya sendiri. Klopp tidak memungkiri bahwa Jota adalah pemain yang luar biasa, utamanya dalam mencetak gol. Akan tetapi, ia menilai Firmino juga memiliki peran penting di dalam tim.

Bagi Klopp, tim sepakbola adalah sebuah orkestra, yang mana setiap pemain merupakan instrumennya dan memiliki fungsi masing-masing. Secara rasio gol, Firmino memang kalah dari Jota, namun penyerang asal Brasil itu mampi membuat permainan menjadi harmonis.

“Mencetak gol selalu penting bagi Bobby. Tapi Bobby adalah pemain sepakbola yang lengkap. Sebuah tim sepak bola seperti orkestra,” ujar Jurgen Klopp, seperti dikutip dari Express, Rabu (25/11/2020).

“Anda memiliki orang yang berbeda untuk alat musik yang berbeda. Dan beberapa di antaranya lebih keras dari yang lain, tetapi semuanya penting untuk ritme,” lanjut mantan juru taktik Borussia Dortmund tersebut.

“Bobby memainkan 12 instrumen dalam orkestra kami! Dia sangat penting untuk ritme kami. Kami bisa bermain bagus tanpa dia juga, tapi saya pasti ingin dia di lapangan dan jika Anda melihat angka-angka, saya sangat suka memiliki dia di lapangan. Benar-benar luar biasa," jelas Klopp.

Roberto Firmino

Berikutnya, Liverpool akan menghadapi Atalanta dalam matchday keempat babak penyisihan Grup D Liga Champions 2020-2021. Pertandingan tersebut bakal dihelat di Anfield pada Kamis 26 November 2020 dini hari WIB.

Kemungkinan Klopp tak akan memainkan Sadio Mane karena winger Senegal itu nampak kelelahan di pertandingan sebelumnya melawan Leicester City. Maka dari itu, Klopp bisa saja memainkan Firmino dan Jota secara bersamaan. Firmino sebagai ujung tombak dan Jota mengisi winger kiri. Sedangkan winger kanan ditempati Mohamed Salah yang sudah dinyatakan negatif Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini