Jika Gagal TC di Luar Negeri, Timnas Indonesia U-19 Ditunggu Persija dan Persib

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 23 November 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 51 2314569 jika-gagal-tc-di-luar-negeri-timnas-indonesia-u-19-ditunggu-persija-dan-persib-HG3DCTpM9g.jpg Persib bisa jadi lawan tanding Timnas Indonesia U-19. (Foto: Persib.co.id/Rivan Mandala)

JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkap plan C jika Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 gagal menjalani pemusatan latihan (TC) di luar negeri. Iwan Bule –sapaan akrab Mochamad Iriawan– mengatakan jika gagal ke luar negeri, mau tidak mau Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di dalam negeri.

Hanya saja, Iriawan mengatakan peluang Timnas Indonesia U-19 menjalani TC di dalam negeri sangat kecil. Sebab, prioritas PSSI adalah memberangkatkan David Maulana dan kawan-kawan berlatih sepakbola di luar negeri.

Timnas Indonesia U-19

“Kami akan melakukan TC di luar. Yang kami harapkan adalah uji coba, selain memang latihan teknik strategi, teknik dan fisik itu penting, tapi uji coba dengan lawan tangguh itu penting. Di Spanyol, sudah ada beberapa tim yang bisa kami hadapi,” kata Iriawan, Okezone mengutip dari akun YouTube Mochamad Iriawan Official.

“Namun, Plan C di Indonesia. Kalo tidak bisa keluar dari Indonesia, kita cari sparing partner yang kuat di sini. Cuma ditakutkan, mereka (klub-klub Indonesa) kaget tiba-tiba sedang latihan kemudian berujicoba dengan kami. Karena itu, kita harus komunikasi,” lanjut mantan Kapolda Jawa Barat tersebut.

Saat ditanya siapa lawan yang dihadapi Timnas Indonesia U-19 jika tertahan di Tanah Air, Iriawan mengatakan tim-tim senior yang memiliki sejarah kuat di persepakbolaan Tanah Air jadi pilihannya. “Ada Persija, Persib dan Arema FC,” Iriawan melanjutkan.

BACA JUGA: 2 Alasan PSSI Pilih Spanyol ketimbang Korea Selatan sebagai Lokasi TC Timnas Indonesia U-19

Saat ini persiapan matang dilakukan Timnas Indonesia U-19. Dari Agustus sampai September 2020, skuad Garuda Nusantara melakoni pemusatan latihan di Kroasia. Selama di Kroasia, Witan Sulaeman dan kawan-kawan tak hanya menjalani latihan.

Tercatat, Timnas Indonesia U-19 menjalani 11 pertandingan dan mayoritas, lawan yang mereka hadapi merupakan tim-tim kuat. Saat dihadapkan dengan tim kuat, Timnas Indonesia U-19 pun mendapatkan hasil positif.

Timnas Indonesia U-19

Skuad Garuda Nusantara tercatat menahan juara bertahan Piala Asia U-19, Arab Saudi, dengan skor 3-3. Kemudian beberapa hari berselang, Mochamad Supriadi serta kolega mengalahkan semifinalis Piala Asia U-19 2018, Qatar, dengan skor 2-1.

Sejumlah tim kuat Eropa juga ditumbangkan Timnas Indonesia U-19. Sebut saja NK Dugopolje yang dihajar dengan skor 3-0, Dinamo Zagreb (1-0), Hajduk Split (4-0) dan Makedonia Utara (4-1).

Rencananya dalam waktu dekat, Timnas Indonesia U-19 kembali berangkat menjalani TC di luar negeri. Salah satu dari Spanyol dan Korea Selatan akan dituju Timnas Indonesia U-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini