2 Alasan PSSI Pilih Spanyol ketimbang Korea Selatan sebagai Lokasi TC Timnas Indonesia U-19

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 23 November 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 51 2314560 2-alasan-pssi-pilih-spanyol-ketimbang-korea-selatan-sebagai-lokasi-tc-timnas-indonesia-u-19-dnx6dEs1Cn.jpg Ketum PSSI Mochamad Iriawan saat memberi semangat kepada pemain-pemain Timnas Indonesia U-19. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkapkan setidaknya ada dua alasan kenapa Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 lebih condong menggelar pemusatan latihan (TC) di Spanyol ketimbang Korea Selatan.

Pertama, adalah waktu karantina. Jika Korea Selatan yang dipilih sebagai lokasi TC selanjutnya, David Maulana dan kawan-kawan mesti menjalani karantina mandiri selama 14 hari setibanya di Negeri Ginseng.

Timnas Indonesia U-19

Hal itu tidak berlaku jika skuad Garuda Nusantara memutuskan berlatih di Spanyol. Jika Spanyol yang dipilih, Timnas Indonesia U-19 langsung diizinkan berlatih setibanya di Negeri Matador.

Kondisi itu tidak jauh berbeda ketimbang saat Timnas Indonesia U-19 menjalani TC di Kroasia. Setibanya di Negeri Vatreni, skuad Garuda Nusantara tidak harus menjalani karantina mandiri terlebih dulu.

“Plan A Korea Selatan. Tapi, di sana kita harus karantina 14 hari dan menurut saya itu sangat sayang. Memang benar selama 14 hari itu kita bisa latihan virtual, tapi takkan maksimal,” kata Iriawan, Okezone mengutip dari akun YouTube-nya, Mochamad Iriawan Official.

BACA JUGA: Mental dan Fisik Jadi Fokus Utama Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-19 Siap Berjaya?

“Satu lagi cuaca. Ketika sampai di sana, cuaca bisa mencapai di bawah 0 derajat. Kalo di Spanyol, cuacanya mungkin seperti di Bandung, dikisaran 21 derajat,” lanjut pria yang biasa disapa Iwan Bule tersebut.

Sejauh ini PSSI memang belum memutuskan lokasi TC Timnas Indonesia selanjutnya. Satu hal yang pasti, Iriawan mendorong Timnas Indonesia U-19 menjalani TC di luar negeri.

Timnas Indonesia U-19

Sebab dengan berlatih di luar negeri, Timnas Indonesia U-19 mendapatkan lawan uji coba yang tangguh. Ambil contoh ketika Timnas Indonesia U-19 TC di Kroasia. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 bersua tim-tim kuat seperti tuan rumah Kroasia, Qatar, Arab Saudi, Dinamo Zagreb hingga Hajduk Split.

“Kami akan melakukan TC di luar. Yang kami harapkan adalah uji coba, selain memang latihan teknik strategi, teknik dan fisik itu penting, tapi uji coba dengan lawan tangguh itu penting. Di Spanyol, sudah ada beberapa tim yang bisa kami hadapi,” tegas Iriawan.

Persiapan maksimal dibutuhkan Timnas Indonesia U-19. Sebab pada tahun depan, skuad Garuda Nusantara akan turun di dua ajang besar yakni Piala Asia U-19 (3-20 Maret 2021 di Uzbekistan) dan Piala Dunia U-20 2021 (20 Mei-12 Juni 2021) di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini