Dilibas AC Milan, Gattuso Akui Napoli Kalah Mental

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 23 November 2020 06:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 47 2314152 dilibas-ac-milan-gattuso-akui-napoli-kalah-mental-yHu4ab8Rek.JPG Napoli vs AC Milan (Foto: Reuters)

NAPLES – Napoli harus menelan pil pahit lantaran dikalahkan AC Milan dengan skor 1-3 dalam giornata kedelapan Liga Italia 2020-2021. Menanggapi kekalahan ini, Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, menilai kalau timnya tidak memiliki mental bertanding yang bagus.

Bermain di kandang sendiri, Stadion San Paolo, Napoli justru tertinggal lebih dulu lantaran Zlatan Ibrahimovic membawa Milan unggul lewat sundulannya pada menit ke-20. Akan tetapi, I Partenopei dapat merespons dengan baik.

Lorenzo Insigne dan kawan-kawan langsung bermain lebih menekan dan mengkreasikan banyak sekali peluang. Akan tetapi, tak ada yang menjadi gol hingga babak pertama usai, termasuk sontekan Giovanni Di Lorenzo yang mengenai mistar gawang.

Baca juga: Conte Ingin Inter Belajar dari Kemenangan Susah Payah Lawan Torino

Napoli vs AC Milan

Pada babak kedua, Napoli juga bermain menyerang, namun lagi-lagi mereka gagal menyamakan skor. Milan justru menambah keunggulannya pada menit ke-54 kala Ibrahimovic mencetak gol menggunakan lututnya.

Menanggapi kondisi ini, Gattuso menilai Napoli sebenarnya memiliki kualitas. Hal itu terlihat dari banyaknya peluang yang anak-anak asuhnya peroleh. Akan tetapi, tanpa mental bertanding yang tepat, kualitas tersebut dinilai Gattuso menjadi percuma.

“Saya adalah orang yang paling bertanggung jawab dan setiap kali kami menghadapi pertandingan besar, sesuatu terjadi. Kami harus meningkatkan standar, itu masalah saya, karena jelas saya tidak bisa membuat tim mendekati pertandingan tertentu dengan cara yang benar,” tegas Gattuso kepada Sky Sport, Senin (23/11/2020).

“Bukan kebetulan bahwa kami menciptakan begitu banyak peluang dalam laga ini dan tidak memanfaatkannya. Kami harus fokus pada apa yang kami lakukan, menyelesaikan pekerjaan, itulah masalah utamanya,“ lanjut legenda AC Milan tersebut.

“Kami terlalu memikirkan tentang apa yang hilang, apa yang tidak kami lakukan, apa yang melawan kami. Ini bukan nasib buruk. Kami tidak mendekati permainan ini dengan tekad yang tepat, karena teknik dan kualitas saja tidak cukup,” jelasnya.

Gennaro Gattuso

“Ini tentang mentalitas, kami perlu fokus dan berjuang untuk setiap hasil. Saya tahu apa yang salah dan bukan kebetulan bahwa ketika kita menghadapi pertandingan yang sangat penting, kami bimbang. Kami harus berpikir sebagai tim, dengan satu pikiran, bukan individu,” pungkas Gattuso.

Ini merupakan kekalahan kedua Napoli dalam tiga pertandingan terakhir mereka di Liga Italia. Sebelumnya, mereka kalah dari Sassuolo di kandang sendiri dengan skor 0-2. Saat ini, Napoli tertahan di posisi keenam klasemen sementara Liga Italia dengan koleksi 14 poin, tertinggal enam angka dari Milan sebagai puncak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini