3 Penyerang Keturunan Ini Berpotensi Bela Timnas Indonesia, Siapa Saja?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 51 2303418 3-penyerang-keturunan-ini-berpotensi-bela-timnas-indonesia-siapa-saja-m5ijmH0l9U.jpg Ragnar Oratmangoen berpengalaman tampil di kompetisi Belanda. (Foto: Instagram/@0ratmangoen)

JAKARTA – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menyebut sudah melihat Curriculum Vitae (CV) 30 pemain keturunan. Dari 30 nama itu, sudah ditemukan tujuh nama di antaranya.

Dari tujuh nama itu, dua di antaranya adalah pemain keturunan Indonesia-Jerman yang sudah turun di laga Timnas Indonesia U-19 kontra Hajduk Split, yakni Kelana dan Luah Mahessa. Indra Sjafri mengatakan, di luar Kelana, Luah Mahessa, Elkan Baggott dan Jack Brown, ada lima nama pemain keturunan lain yang bergabung di pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 selanjutnya.

Kelana Mahessa

(Kelana Mahessa sudah bela Timnas Indonesia U-19)

“Ada 30 pemain yang kami lihat, bagaimana cara melihatnya, satu kami lihat CV-nya, yang kedua setelah CV oke kami lempar ke bagian legal PSSI apakah secara UU no 12 oke atau statuta FIFA memungkinkan, kalau itu memungkinkan kami lihat videonya,” kata Indra Sjafro.

“Setelah itu, kami diskusikan dengan Shin Tae-yong, maka muncul tujuh nama. Tujuh nama itu kami lempar ke pak Ketum, dan pak Ketum memberikan sinyal silakan melakukan pendekatan dari tujuh itu dua sudah datang dari Jerman (kelana dan Luah) yang mana berkualitas itu coach Shin Tae-yong yang menjelaskan apakah dia terpilih atau tidak,” ujar mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 tersebut.

Sejauh ini belum diketahui pasti siapa-siapa saja nama pemain keturunan yang akan memperkuat Timnas Indonesia U-19. Namun, ada dua penyerang keturunan yang berusia di bawah 19 tahun dan layak dicoba Timnas Indonesia U-19.

Mereka ialah Jim Croque dan Noah Gesser. Jim Croque merupakan pemain muda keturunan Indonesia-Belanda. Ia bisa menjadi harapan besar untuk masa depan skuad Garuda. Saat ini, ia berusia 16 tahun dan tengah memperkuat klub asal Belanda yakni Vitesse U-18.

BACA JUGA: 5 Pemain Keturunan yang Dapat Perkuat Timnas Indonesia

Hanya saja, Croque masih terkendala dengan paspor Indonesia yang saat ini belum ia miliki. Karena itu, rasanya masih sulit untuk melihat Jim Croque membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Bagaimana dengan Noah Gesser? Penyerang 15 tahun ini merupakan top skor akademi Ajax Amsterdam yang terbentang dari U-15 hingga U-23. Sejauh musim 2020-2021 berjalan, pemain berdarah Jawa ini telah mengemas 11 gol untuk Ajax U-16.

Noah Gesser

(Noah Gesser bisa jadi senjata mematikan bagi Timnas Indonesia U-19)

Selain dua nama di atas, ada sosok Ragnar Oratmangoen. Hanya saja, Ragnar Oratmangoen tak dapat dimainkan di Timnas Indonesia U-19, mengingat sudah berusia 22 tahun.

Pemain milik klub SC Cambuur (kasta kedua Liga Belanda) ini dapat diproyeksikan untuk Timnas senior Indonesia. Bersama Cambuur musim ini, dari empat penampilan, Ragnar Oratmangoen mengoleksi satu gol. Dalam sejumlah kesempatan, penyerang bertinggi badan 180 sentimeter ini mengaku siap membela Timnas Indonesia.

"Memang ada yang pernah menghubungi saya. Tapi, itu personal bukan dari federasi (PSSI). Jadi, saya tidak ingin berpikir terlalu jauh saat ini. Saya ingin fokus dulu bersama Cambuur,” kata Ragnar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini