5 Pemain Keturunan yang Dapat Perkuat Timnas Indonesia

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 03 November 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 51 2303274 5-pemain-keturunan-yang-dapat-perkuat-timnas-indonesia-aGDNPXE4XB.jpg Ragnar Oratmangoen berpengalaman tampil di kompetisi Belanda. (Foto: Instagram/@0ratmangoen)

TREN pemanggilan pemain keturunan tengah kencang di tubuh Tim Nasional (Timnas) Indonesia, terutama U-19 racikan Shin Tae-yong. Di skuad Timnas Indonesia U-19 saat ini tercatat ada empat pemain keturunan. Mereka ialah Elkan Baggott yang memiliki darah Indonesia-Inggris, Jack Brown (Indonesia-Inggris), Kelana Mahessa (Indonesia-Jerman) dan Luah Mahessa (Indonesia-Jerman).

Menurut penuturan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, setidaknya ada lima pemain keturunan tambahan yang dipanggil saat Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan lanjutan. Selain untuk U-19, ada sejumlah pemain keturunan yang dapat dimanfaatkan tim senior Indonesia. Siapa saja?

Berikut 5 pemain keturunan yang dapat perkuat Timnas Indonesia:

5. Gilles Joannes (Gelandang, Indonesia-Belanda)

Gilles Joannes

Gilles Joanes merupakan pesepakbola keturunan Indonesia-Belanda yang saat ini aktif merumput bersama NAC Breda U-18. Pemain kelahiran 7 Maret 2003 itu diketahui bermain di posisi gelandang.

Klub yang diperkuat Gilles saat ini berkompetisi di Liga Belanda Junior atau yang bernama U-18 Div. 2 Fall. Memiliki postur tubuh yang mumpuni, Gilles merupakan gelandang jangkar yang memiliki keunggulan dalam hal duel udara. Ia juga terbiasa bermain menjaga kedalaman dan mengatur tempo permainan. Hal itu berarti secara usia, Gilles Joanes masih dapat diandalkan untuk Timnas Indonesia U-19.

"Keluarga ayah saya, opa dari Jakarta dan oma Sumatera. Saya rasa seperempat diri saya orang Indonesia karena orangtua opa oma saya juga tidak asli Indonesia. Saya juga belum pernah ke Indonesia," kata Gilles Joannes.

4 . Ragnar Oratmangoen (Penyerang, Indonesia-Belanda)

Ragnar Oratmangoen

Jika Timnas Indonesia senior kekurangan pemain jempolan di lini depan, nama Ragnar Oratmangoen dapat dipertimbangkan. Saat ini, Ragnar Oratmangoen berstatus sebagai penyerang klub kasta kedua Liga Belanda, SC Cambuur.

Sejauh ini dari empat penampilan, Ragnar Oratmangoen mengoleksi satu gol. Dalam sejumlah kesempatan, penyerang bertinggi badan 180 sentimeter ini mengaku siap membela Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Ditolak Bima Sakti, Noah Gesser Perkuat Timnas Indonesia U-19?

"Memang ada yang pernah menghubungi saya. Tapi, itu personal bukan dari federasi (PSSI). Jadi, saya tidak ingin berpikir terlalu jauh saat ini. Saya ingin fokus dulu bersama Cambuur,” kata Ragnar.

3. Jordy Wehrmann (Gelandang, Indonesia-Belanda)

Jordy Wehrmann

Jordy Wehrmann kini tercatat sebagai personel Feyenoord Rotterdam U-21. Namun, pemain yang biasa mentas di posisi gelandang ini sudah mencicipi laga Eredivisie musim 2020-2021. Ia turun selama sembilan menit saat Feyenoord bersama 2-2 kontra RKC Waalwijk di pekan keenam Liga Belanda 2020-2021.

Pengalaman tampil di level teratas praktis menguntungkan Timnas Indonesia jika tertarik menggunakan jasa gelandang 21 tahun tersebut. Menarik menanti respons PSSI, tertarik kah memanggil Jordy Wehrmann?

2. Kevin Diks (Fullback Kanan, Indonesia-Belanda)

Kevin Diks

Usianya sudah 24 tahun, sehingga Kevin Diks yang memiliki darah Indonesia-Belanda hanya dapat diturunkan di level senior. Ketimbang nama-nama lain, Kevin Diks merupakan pemain yang paling berpengalaman.

Pemain yang kini dipinjamkan Fiorentina ke klub asal Denmark, Aarhus GF, itu pernah mencicipi atmosfer Liga Champions. Di Liga Champions 2017-2018 atau ketika memperkuat Feyenoord Rotterdam, Kevin Diks yang biasa beroperasi sebagai fullback kanan tiga kali turun di kompetisi elite Eropa tersebut.

"Saya tentu ingin membela timnas Indonesia. Tapi, saya belum bisa terlalu memikirkannya saat ini. Apalagi, belum ada undangan resmi dari PSSI," kata Kevin Diks.

1. Noah Gesser (Penyerang, Indonesia-Belanda)

Noah Gesser

Usianya memang baru 15 tahun, namun jangan ragukan ketajaman Noah Gesser. Noah Gesser saat ini tercatat sebagai top skor akademi Ajax Amsterdam yang terbentang dari U-15 hingga U-23.

Sejauh ini, Noah Gesser mengoleksi 11 gol untuk Ajax Amsterdam U-16. Nama Noah Gesser menjadi perbicangan netizen karena pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, secara tegas takkan menggunakan pemain keturunan.

Meski begitu, bukan berarti peluang Noah Gesser membela Timnas Indonesia tertutup. Penyerang lincah ini masih dapat membela Timnas Indonesia lainnya, terutama U-19 racikan Shin Tae-yong.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini