5 Pemain Keturunan Dominasi Gelandang Timnas Indonesia U-19?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 02 November 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 51 2302845 5-pemain-keturunan-dominasi-gelandang-timnas-indonesia-u-19-ZukFcOUXLk.jpg Kelana Noah Mahessa debut di laga Timnas Indonesia U-19 vs Hajduk Split. (Foto: PSSI)

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong, memiliki 11 gelandang di skuadnya, baik itu yang beroperasi di sentral maupun sayap. Dari 11 nama itu, dua di antaranya merupakan pemain keturunan Indonesia-Jerman.

Mereka ialah Kelana Mahessa dan Luah Mahessa. Kelana Mahessa tercatat sebagai anggota tim senior Bonner SC, tim yang tampil di kasta keempat sepakbola Jerman. Sementara Luah Mahessa, menurut laman transfermarkt saat ini membela tim U-19 Bonner SC.

Kelana Mahessa

(Kelana Mahessa, pemain keturunan Indonesia-Jerman)

Daftar pemain keturunan di lini tengah Timnas Indonesia U-19 bukan tak mungkin terus bertambah. Sebab, direktur teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan akan ada lima pemain keturunan tambahan dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 selanjutnya.

Bukan tak mungkin dari lima nama pemain keturunan tambahan tersebut, didominasi personel di posisi gelandang. Terlebih, saat ini ada tiga pemain keturunan di posisi gelandang yang berpeluang membela Timnas Indonesia U-19.

Mereka ialah Jayden Houtriet (Vitesse U-21), Gilles Joanes (NAC Breda U-18) dan Ivan Jenner (FC Utrecht U-17). Kelebihan dari nama-nama di atas adalah kemampuan mengatur tempo permainan, sesuatu yang kini dimiliki kapten Timnas Indonesia U-19, David Maulana.

BACA JUGA: Posisi Jack Brown di Timnas Indonesia U-19 Terancam Bagus Kahfi dan Noah Gesser?

Ivan Jenner yang kini berusia 15 tahun memiliki visi permainan jempolan. Bukti kehebatan Ivan Jenner adalah status kapten tim FC Utrecht U-17 yang kini disandangnya.

Kemudian Gilles Joanes merupakan pemain yang biasa beroperasi di posisi gelandang jangkar. Kekuatan fisik yang dimiliki Gilles Joanes dibutuhkan saat Timnas Indonesia U-19 menghadapi lawan-lawan berpostur besar di Piala Dunia U-20 2021.

Timnas Indonesia

Kualitas yang sama juga dimiliki Jayden Houtriet. Pemain keturunan Indonesia-Belanda ini memiliki tinggi badan menjulang yakni 189 sentimeter. Jika Jayden dan Kelana Mahessa diduetkan, betapa kuatnya lini tengah Timnas Indonesia U-19.

Sebab, kedua nama di atas tak hanya pintar mendistribusikan bola, namun juga dapat diandalkan mengalirkan bola. Karena itu, menarik menanti siapa-siapa saja pemain keturunan yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong nantinya.

Satu hal yang pasti, tujuan Shin Tae-yong sangat jelas. Pemain-pemain ini dipanggil diharapkan dapat meningkatkan daya saing Timnas Indonesia U-19 di ajang sekelas Piala Dunia U-20.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini