Lampard Bingung Aksi Piting Maguire kepada Azpilicueta Tak Berujung Penalti

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 45 2299290 lampard-bingung-aksi-piting-maguire-kepada-azpilicueta-tak-berujung-penalti-5DzmsLKvoe.jpg Frank Lampard. (Foto: Laman resmi Chelsea)

MANCHESTER – Pelatih Chelsea, Frank Lampard, turut angkat bicara soal pelanggaran keras yang dilakukan bek Manchester United, Harry Maguire, kepada Cesar Azpilicueta. Ia mengaku heran dengan keputusan wasit yang tak memberi hadiah penalti kepada Chelsea atas pelanggaran Maguire.

Chelsea dinilai layak mendapat satu hadiah penalti dari wasit saat berhadapan dengan Man United di pekan keenam Liga Inggris 2020-2021. Hadiah itu tepatnya didapat usai Azpilicueta mendapat pelanggaran keras dari Maguire.

Laga Manchester United vs Chelsea

Tepatnya di menit ke-40, Azpilicueta dan Maguire terlibat momen duel udara di kotak penalti Man United. Maguire yang berada di belakang Azpilicueta pun terlihat jelas memiting leher penggawa Chelsea itu dengan lengannya.

BACA JUGA: Dipiting Maguire, Azpilicueta Merasa Chelsea Layak Dihadiahi Penalti

Pelanggaran ini pun dinilai banyak pihak harus berujung pada hadiah penalti untuk Chelsea. Tetapi, wasit tak memberi hukuman kepada Man United, sekalipun sudah menyaksikan tayangan ulang di video assistant referee (VAR).

Kondisi tersebut sangat disayangkan oleh Lampard. Sebab, jika mendapat hadiah penalti, bukan tak mungkin bagi The Blues –julukan Chelsea–mengakhiri pertandingan tersebut dengan kemenangan.

Sayangnya, harapan tersebut tak terwujud. Pertemuan Chelsea dengan Man United pun harus berakhir dengan hasil imbang. Laga diselesaikan dengan skor kacamata alias 0-0.

"Itu (pelanggaran Maguire kepada Azpilicueta) penalti yang jelas. Saya tidak melihatnya dari tempat saya berdiri saat itu dan saya tahu ini panggilan yang sulit bagi wasit di lapangan, tetapi itulah mengapa kami membawa VAR ke dalam permainan," ujar Lampard, sebagaimana dikutip dari Goal, Minggu (25/10/2020).

"VAR sangat cepat menepisnya menurut saya. Perlu waktu, wasit harus mengawasi monitor. Jika dia melihat monitor, dia seharusnya memberi penalti. Sangat membingungkan menurut saya. Haruskah wasit berkonsultasi dengan monitor lebih sering? Saya tidak yakin,” lanjutnya.

"Itu adalah keputusan yang mudah, bukan keputusan yang sulit untuk diberikan oleh VAR, tetapi wasit di lapangan harus membuat keputusan utama. Minta dia untuk meninjaunya dan jika itu terjadi hari ini, itu akan menjadi penalti,” tukas Lampard.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini