Kutukan Sergio Ramos Bikin Real Madrid Kalah di Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 261 2297630 kutukan-sergio-ramos-bikin-real-madrid-kalah-di-liga-champions-W29Ixz48z4.jpg Real Madrid kalah 2-3 dari Shakhtar. (Foto: Twitter/@realmadrid)

MADRID – Kutukan Sergio Ramos. Tiga kata itu muncul setelah Real Madrid takluk 2-3 dari Shakhtar Donetsk di matchday pertama Grup B Liga Champions 2020-2021, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB. Kenapa kata “kutukan Sergio Ramos” muncul kelar laga Real Madrid vs Shakhtar Donetsk?

Ternyata ada kejadian unik dalam empat tahun terakhir di Liga Champions. Setiap kali Sergio Ramos absen, Los Blancos –julukan Real Madrid– selalu mengalami kekalahan.

Real Madrid

(Madrid kalah 2-3 dari Shakhtar)

Momen pertama tersaji di leg II babak perempatfinal Liga Champions 2017-2018. Saat itu, Sergio Ramos tak bisa tampil saat Real Madrid menjamu Juventus karena harus menjalani skorsing, imbas lima kartu kuning yang sudah dikantonginya.

Tanpa adanya Sergio Ramos, Real Madrid awalnya diprediksi dapat lolos ke semifinal. Sebab, pada leg I yang digelar di markas Juventus, Los Blancos menang 3-0. Namun, tanpa adanya Sergio Ramos, Real Madrid tampil kesulitan.

Hingga menit 90, Madrid tertinggal 0-3 dari Juventus! Beruntung, di masa injury time Madrid mendapatkan hadiah penalti setelah Lucas Vazquez dijatuhkan Mehdi Benatia di kotak terlarang. Cristiano Ronaldo yang kala itu masih berseragam Madrid mencetak gol sekaligus membawa Los Blancos ke semifinal karena menang agregat 4-3.

BACA JUGA: Zidane Yakin Mampu Perbaiki Mental Madrid Jelang El Clasico

Kemudian, momen kedua terjadi di leg II babak 16 besar Liga Champions 2018-2019 kontra Ajax Amsterdam. Sama seperti edisi sebelumnya, Sergio Ramos mesti menjalani skorsing karena terkena kartu kuning saat Madrid menang 2-1 atas Ajax di leg I.

Namun, ketiadaan Sergio Ramos menjadi petaka karena Ajax menang 4-1 atas Madrid di leg II yang dilangsungkan di Bernabeu! Alhasil, Ajax lolos ke perempatfinal menyingkirkan Madrid yang berstatus juara bertahan.

Sergio Ramos

(Sergio Ramos absen saat Madrid kalah 1-4 dari Ajax)

Hal yang sama juga terjadi musim lalu. Dua kali Sergio Ramos absen karena menjalani akumulasi kartu, tepatnya di laga pembuka Fase Grup A kontra PSG dan versus Manchester City di leg II babak 16 besar.

Hasilnya di kedua pertandingan tersebut Madrid kalah, yakni tumbang 0-3 dari PSG dan 1-2 kontra Manchester City. Akibat kekalahan dari Man City, Madrid gagal lolos ke perempatfinal.

Karena itu, Sergio Ramos bak jimat bagi Real Madrid. Hingga kini belum diketahui secara pasti kapan Sergio Ramos akan pulih dari cedera lutut yang dialami di laga kontra Cadiz pada Minggu 18 Oktober 2020 dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini