Absennya Van Dijk Tak Akan Bikin Liverpool Melemah

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 261 2297187 absennya-van-dijk-tak-akan-bikin-liverpool-melemah-WQVRCzEM8m.jpg Virgil van Dijk (Foto: Media Liverpool)

AMSTERDAM – Ajax Amsterdam memulai perjalanan mereka di ajang Liga Champions 2020-2021 dengan menjamu Liverpool. Pertandingan ini akan dilangsungkan pada Kamis 22 Oktober 2020 dini hari WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Liverpool tidak akan diperkuat oleh bek andalannya, Virgil van Dijk. Sebab, Van Dijk pasalnya mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) dan harus absen selama tujuh sampai delapan bulan ke depan.

Cedera tersebut didapat dalam pertandingan melawan Everton. Van Dijk mengalami cedera saat berbenturan dengan penjaga gawang Everton, Jordan Pickford. Tak ayal, kini bek berpaspor Belanda itu harus masuk ke dalam ruang perawatan.

Baca juga: Lampard Akui Thiago Silva Adalah Kunci Clean Sheet Chelsea

Van Dijk vs Jordan Pickford

Kendati demikian, hal ini nyatanya tak membuat Pelatih Ajax, Erik Ten Hag, merasa lega. Menurutnya, absennya Van Dijk bukanlah jaminan kalau timnya bakal bisa meraih kemenangan atas The Reds.

Ia menilai Liverpool sebagai tim yang dipenuhi oleh banyak pemain berkualitas. Sehingga, ketika Van Dijk absen, maka akan ada pemain dengan level yang serupa yang akan menggantikannya mengawal jantung pertahanan.

“Apakah kami lega karena Virgil van Dijk absen? Pada akhirnya, ini tentang siapa yang masih bermain. Liverpool yang berbeda? Tidak, prinsip mereka dipegang dan mereka dapat dengan mudah beralih ke pemain lain,” jelas Ten Hag, menyadur dari laman resmi UEFA, Rabu (21/10/2020).

“Misalnya seperti pemain A bisa menggantikan pemain B. Seluruh tim tidak akan berubah karena Van Dijk absen. Tim kami sudah diatur dengan baik. Kami akan berani. Kami akan mengubah apa yang telah kami kerjakan menjadi pekerjaan nyata di lapangan," lanjutnya.

Meski begitu, Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, tak menyangkal bahwa ia terpukul dengan absennya Virgil van Dijk di laga pembuka Grup D. Selain Van Dijk, sejumlah pemain Liverpool lainnya juga masuk ke dalam ruang perawatan, seperti Alex Oxlade-Chamberlain, Alisson Becker, hingga Thiago Alcantara.

Jurgen Klopp

“Yang bisa kami semua lakukan adalah mencoba mengubah hal-hal semacam ini. Ini sangat sulit bagi kami,” aku Klopp.

“Virg adalah pemain kami, dan itu tidak ada hubungannya dengan kualitas Virgil. Ya, dia adalah pemain kelas dunia dan kami akan merindukannya, tetapi kami juga merindukan Oxlade,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini