Dihimpit Jadwal Padat, Koeman: Lionel Messi Tidak Perlu Istirahat

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 46 2295052 dihimpit-jadwal-padat-koeman-lionel-messi-tidak-perlu-istirahat-t4n0E14wTj.jpg Lionel Messi tidak perlu dicadangkan (Foto: Barcelona)

BARCELONA – Wacana untuk mencadangkan Lionel Messi dalam satu dari empat pertandingan ke depan dibantah dengan tegas oleh Ronald Koeman. Menurut pelatih Barcelona itu, La Pulga lebih lelah jika tidak diturunkan ketimbang bermain penuh selama 90 menit.

Sekadar informasi, Barcelona akan memainkan tujuh laga ke depan dalam waktu 21 hari. Itu berarti, Blaugrana bakal merumput minimal setiap tiga hari sekali. Tentu saja, jadwal padat itu berpotensi membuat pemain mengalami keletihan baik secara fisik mau pun mental.

Media-media Spanyol meyakini Ronald Koeman akan sedikit melepas laga kontra Getafe pada Minggu 18 Oktober 2020 dini hari WIB di Stadion Coliseum Alfonso Perez. Salah satu tandanya adalah dengan mengistirahatkan Lionel Messi di bangku cadangan.

Baca juga: Lionel Messi Diistirahatkan Barcelona saat Tandang ke Getafe?

Lionel Messi bermain 90 menit (Foto: Twitter/@Argentina)

Namun, rumor tersebut ditampik oleh Ronald Koeman. Menurutnya, Lionel Messi bisa saja tetap diturunkan penuh selama 90 menit pada empat laga ke depan. Sebab, pria berpaspor Argentina itu akan lebih merasa lelah ketika tidak diturunkan.

“Messi bisa saja bermain dalam empat pertandingan ke depan,” tegas Ronald Koeman, sebagaimana diwartakan Football Espana, Sabtu (17/10/2020).

“Dia adalah salah satu pemain yang harus terus bermain. Lionel Messi lebih mudah capek ketika tidak bermain,” sambung pelatih berkebangsaan Belanda itu.

Perlu diakui, peran Lionel Messi memang amat penting buat Barcelona. Hal itu tercermin dari fakta pria berusia 33 tahun tersebut selalu bermain 90 menit dalam pertandingan kompetitif klub sejak Juni 2020. Lionel Messi nyaris tidak kehilangan satu menit pun dari 16 laga yang dijalani.

Menit bermainnya semakin panjang jika menghitung dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan bersama Tim Nasional (Timnas) Argentina pekan lalu. Ditambah dengan perjalanan jauh yang harus ditempuh, manusiawi apabila Lionel Messi disebut kelelahan.

Pernyataan Ronald Koeman itu sedikit disesalkan mengingat dua laga ke depan yang dijalani Barcelona di atas kertas terhitung enteng. Di Liga Spanyol, mereka hanya menghadapi Getafe. Sementara pada Liga Champions, Lionel Messi dan kawan-kawan menjamu Ferencvaros di kandang.

Yang perlu dicermati Ronald Koeman adalah jadwal Barcelona setelah itu. Empat hari setelah menghadapi Ferencvaros, mereka menjamu Real Madrid di kandang. Kemudian, Barcelona melawat ke markas Juventus di Liga Champions. Tentu saja, kondisi Lionel Messi yang lebih bugar akan berperan penting dalam dua laga tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini