Solskjaer: Sepakbola Sudah Berubah!

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 45 2286177 solskjaer-sepakbola-sudah-berubah-byh8uAhcMR.jpg Ole Gunnar Solskjaer (Foto: Twitter/@ManUnited)

MANCHESTER – Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskajer, menilai bahwa saat ini pertandingan sepakbola telah benar-benar berubah. Maka dari itu, Solskjaer pun menjadi ragu apakah laga-laga yang timnya mainkan sekarang masih layak disebut sebagai sebuah pertandingan atau tidak.

Solskjaer utamanya menyoroti soal absennya penonton di stadion. Sebagaimana diketahui, akibat mewabahnya Virus Corona (Covid-19), maka pertandingan harus dilangsungkan secara tertutup (tanpa penonton).

Hal ini sejatinya sudah berlaku sejak Juni 2020 dan hingga sekarang taka da tanda-tanda kapan pertandingan bisa digelar secara normal. Solskjaer pun menganggap ini sebagai hal yang aneh. Karena menurutnya, pertandingan haruslah dihadiri oleh penonton di stadion.

Baca juga: Dortmund Tolak Tawaran Rp1,7 Triliun dari Man United untuk Jadon Sancho

Brighton vs Man United

Adapun hal lainnya yang membuat Solskjaer semakin tidak nyaman adalah mengenai aturan handball. Menurut Solskjaer, aturan baru soal handball merupakan pasal karet karena tidak memiliki kejelasan.

Di satu sisi, seorang dianggap melakukan handball jika bola mengenai tangan pemain tersebut apa pun konteksnya. Jadi, meski tangan si pemain sedang off (tidak sengaja), namun bola mengenainya, maka itu tetap dianggap sebagai handball.

Hal itulah yang kemudian menimpa Man United di pertandingan melawan Crystal Palace pada matchday kedua Liga Inggris 2020-2021. Victor Lindelof dinyatakan melakukan handball lantaran bola yang dilepaskan pemain Palace secara tidak sengaja mengenai tangannya.

Kendati demikian, pada kasus lain, di pertandingan West Brom melawan Chelsea, kasus serupa tercipta. Sebelum Tammy Abraham mencetak gol di masa injury time, bola secara tak sengaja mengenai tangan Kai Havertz. Akan tetapi, wasit tak menganggapnya sebagai handball. Hal inilah yang mmebuat Solskjaer geram.

"Saya pikir sepakbola telah berubah. Tidak ada penggemar, ini permainan yang berbeda. Pramusim kami berada di tahapan yang berbeda, aturan handball baru. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi," ujar Solskjaer, seperti dilansir dari Sportsmole, Rabu (30/9/2020).

Ole Gunnar Solskjaer

"Anda dapat mendiskusikannya sepanjang hari, tetapi kami membutuhkan kejelasan tentang pelanggaran (handball) apa dan apa hukumannya karena sekarang tampaknya Anda dapat (dengan sengaja) mengarahkan bola ke tangan seseorang, seperti yang terjadi pada kami saat melawan Palace misalnya dan Victor mendapat hukuman,” jelasnya.

"Anda lihat gol yang dicetak (Chelsea) melawan West Brom pada akhirnya, bukankah itu handball (oleh Kai Havertz)? Kami perlu untuk mendapatkan kejelasan itu. Ini adalah keseluruhan spektrum hal-hal yang tidak normal," tandas Solskjaer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini