Polri Tak Keluarkan Izin Keramaian, Sekjen PSSI: Liga 1 Siaga Satu

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 49 2285316 polri-tak-keluarkan-izin-keramaian-sekjen-pssi-liga-1-siaga-satu-AYCaXEhD2o.jpg Suasana launching Liga 1 2020. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

JAKARTA Liga 1 2020 rencananya kembali bergulir mulai Kamis 1 Oktober 2020. Laga PSS Sleman kontra Persik Kediri yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, akan menjadi partai pembuka comeback Liga 1 2020.

Namun, dua hari jelang kick off, kabar tidak enak menimpa Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI, serta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi. Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono, mengatakan pihaknya tidak bisa mengeluarkan izin keramaian Liga 1 2020. Salah satu alasannya karena jumlah kasus postitif virus corona di Tanah Air, trennya sedang menaik.

Persik Kediri

(Persik Kediri seharusnya tampil di laga comeback Liga 1 2020)

“Terkait Liga Indonesia Baru 1 dan 2 yang akan dilaksanakan mulai tgl 1 Oktober 2020, Polri tidak mengeluarkan izin keramaian dengan pertimbangan,” kata Argo Yuwono kepada wartawan.

“Pertama, situasi pandemi Covid di mana jumlah masyarakat yang terinfeksi masih terus meningkat,” ujarnya.

“Kedua, Polri sudah mengeluarkan maklumat dan penegasan tidak akan mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan,” katanya.

BACA JUGA: Jelang Hadapi Barito Putera, 4 Pemain Persebaya Positif Covid-19

Ketiga, Polri bersama TNI serta stakeholder terkait, sedang konsentrasi mendukung kebijakan pemerintah untuk melaksanakan Operasi Yustisi di semua jajaran,” imbuhnya.

Mendapat kabar di atas, pihak PSSI dan PT LIB bak kebakaran jenggot. Semalam, sejumlah pemangku kepentingan sepakbola Tanah Air seperti Yunus Nusi (Plt Sekjen PSSI), Akhmad Hadian Lukita (Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru) dan General Manager Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI), Ponaryo Astaman, mengikuti Webinar yang diadakan salah satu media Tanah Air.

Liga 1 2020

(Suasana laga pembuka Liga 1 2020, Persebaya vs Persik)

Namun, Yunus Nusi yang menjadi salah satu narasumber dalam acara tersebut mengaku tidak bisa berlama-lama hadir. Sebab, ia harus mengikuti rapat darurat dengan ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali. Hingga kini belum diketahui secara pasti apa hasil dari pertemuan di atas.

"Mohon maaf, ini acaranya sampai jam berapa? Sebab nanti saya ada rapat dengan Pak Ketua PSSI, Pak Menpora, dan Pak Lukita. Shopee Liga 1 sedang siaga 1," kata Yunus Nusi.

Keputusan lanjut atau tidaknya Liga 1 2020, kemungkinan akan diumumkan besok, Rabu 30 September 2020. Apa pun putusan yang diambil, yang pasti merupakan keputusan terbaik bagi semuanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini