Ronald Koeman Ternyata Belum Diakui sebagai Pelatih Barcelona

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 46 2279767 ronald-koeman-ternyata-belum-diakui-sebagai-pelatih-barcelona-5t1NYJiAlG.jpg Ronald Koeman pimpin latihan Barcelona (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

BARCELONA Barcelona telah menunjuk Ronald Koeman sebagai Pelatih baru. Koeman yang juga merupakan legenda Barcelona, datang setelah Barcelona memecat Quique Setien pada 16 September 2020.

Koemen diharapkan bisa membangkitkan Blaugrana –julukan Barcelona– pada musim 2020-2021. Akan tetapi, masa awal kepelatihan Koeman sepertinya tidak akan berjalan lancar.

Quique Setien (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Ada masalah administrasi yang menjerat status Koeman sebagai Pelatih Barcelona. Sportskeeda melaporkan, Koeman tidak akan bisa memimpin Barcelona dalam pertandingan resmi, karena statusnya belum diakui oleh RFEF (Federasi Sepakbola Spanyol).

Hal itu disebabkan Barcelona belum menyelesaikan urusannya dengan Setien. Juru taktik berumur 61 tahun itu masih diakui sebagai pelatih Barcelona hingga sekarang.

BACA JUGA: Meski Bertahan, Messi Masih Mungkin Gabung PSG

Sebagaimana diketahui, Barcelona membebastugaskan Setien sejak 17 Agustus 2020. Akan tetapi, Setien tidak pernah menerima pernyataan secara tertulis mengenai pemecatannya.

Masalah Barcelona semakin rumit, karena Setien menuntut hak-haknya untuk dipenuhi melalui jalur hukum. Juru taktik asal Spanyol itu meminta Barcelona membayar gajinya dalam sisa kontrak secara penuh. Jumlah gaji Setien yang harus dibayarkan Barcelona senilai 4 juta euro (sekira Rp70,2 miliar).

Jika Barcelona telah memenuhi tuntutan Setien, Koeman baru akan resmi menjadi Pelatih Blaugrana. Setien berada di posisi yang kuat dalam masalah ini. Jadi, bola panas kini ada di tangan Barcelona.

Sementara itu, ketidakberadaan Koeman di pinggir lapangan akan sangat merugikan Barcelona. Keberadaan pelatih di bangku cadangan begitu penting bagi sebuah tim. Pelatih akan membantu para pemain mengatasi segala situasi dalam pertandingan.

Ronald Koeman (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Skenario terburuk, adalah Barcelona tanpa Koeman saat menjalani pertandingan pertama Liga Spanyol 2020-2021. Barcelona akan melawan Villarreal di Camp Nou, Minggu 27 September 2020.

Kemenangan atas Villarreal sangat krusial bagi Barcelona untuk memulai musim baru. Oleh sebab itu, Barcelona harus tetap tampil apik dan meraih poin penuh, meski Koeman tidak ada di pinggir lapangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini