Menpora Pastikan Belum Ada Perubahan Tanggal Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 51 2279264 menpora-pastikan-belum-ada-perubahan-tanggal-penyelenggaraan-piala-dunia-u-20-2021-oCzyU9DTgs.jpg Menpora RI, Zainudin Amali. (Foto: Laman resmi Kemenpora)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, memastikan belum ada perubahan terkait tanggal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Meski begitu, Zainudin memastikan pihaknya siap jika akhirnya Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) memutuskan melakukan perubahan.

Zainudin mengatakan bahwa pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terus intens menjalin komunikasi dengan FIFA terkait persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Sejauh ini, belum ada perubahan yang disampaikan FIFA terkait penyelenggaraan kompetisi tersebut.

Timnas Indonesia U-19

Karena itu, langkah persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 pun masih dilakukan sesuai jadwal yang mengacu ke rencana awal. Dalam hal ini, gelaran Piala Dunia U-20 2021 dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni.

BACA JUGA: Menpora: Keppres dan Inpres Piala Dunia U-20 2021 Sudah Terbit

“Sampai hari ini komunikasi dengan FIFA oleh PSSI masih lancar dan masih sesuai jadwal yang ditetapkan. Saya kira sebagai penyelenggara kita menyiapkan diri untuk situasi yang sudah diputuskan oleh FIFA. Yang memutuskan tetap atau ditunda adalah FIFA. Kita sebagai tuan rumah harus bersiap dalam kondisi apa pun,” ujar Zainudin dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (17/9/2020) siang WIB.

“Sementara ini yang menjadi pegangan kita ini adalah Mei dan Juni. Jadi, persiapan kita sekarang masih tetap seperti jadwal yang ada. Tetapi, nanti kalau ada perubahan tentu kita juga harus menyesuaikan,” lanjutnya.

Zainudin Amali juga menuturkan bahwa pihaknya sejauh ini belum mempersiapkan rencana lain. Jadi, fokus persiapan benar-benar mengacu pada rencana awal yang dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021.

Langkah persiapan Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 sendiri terus berlanjut. Terlebih, Zainudin menyatakan bahwa Keputusan Presiden (Keppres) dan Instruksi Presiden (Inpres) telah diterbitkan.

Zainudin Amali

“Suasana pandemi di berbagai negara ini kan juga masih ada, tetapi FIFA juga akan mempertimbangkan itu dan harus ada kualifikasi dulu kan. Nah, kita belum tahu kapan kualifikasi yang mewakili berbagai benua itu,” tutur Zainudin.

“Sebagai penyelenggara kita harus siap dengan situasi apa pun dan pegangan kita sekarang tetap masih pada keputusan FIFA, Mei hingga Juni. Kita belum menyiapkan plan-plan lain. Kalu mundur belum tentu sulit, yang sulit kalau tiba-tiba maju. Tapi, itu sangat kecil sekali kemungkinan untuk dilakukan. Sekarang kita berpatokan dengan Mei hingga Juni,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini