Demi Mainkan Cristiano Ronaldo, Dzeko dan Dybala, Pirlo Contek Strategi Conte?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 47 2279185 demi-mainkan-cristiano-ronaldo-dzeko-dan-dybala-pirlo-contek-strategi-conte-N2iqLHxH1R.jpg Andrea Pirlo, pelatih anyar Juventus. (Foto: @Pirlo_Official)

TURIN – Andrea Pirlo memimpin pertama kali skuad Juventus di sebuah pertandingan pada Minggu 13 September 2020. Di tanggal tersebut, Pirlo memimpin skuad Juventus yang menjalani laga uji coba kontra kontestan Serie C, Novara.

Menampilkan formasi 3-5-2, Juventus menang 5-0 atas Novara. Cristiano Ronaldo yang sempat diisukan akan meninggalkan Juventus pada musim panas ini, membuka pesta gol si Nyonya Tua pada laga tersebut.

Cristiano Ronaldo

(Juventus saat menang 5-0 atas Novara)

Hanya saja, pola 3-5-2 dipercaya takkan dijadikan andalan Pirlo. Sebab, jika Pirlo mematenkan strategi ini, pelatih 41 tahun itu tak bisa mengandalkan sosok Paulo Dybala.

Di laga kontra Novara, La Joya –julukan Dybala– yang biasa mentas sebagai playmaker tidak bisa bermain karena mengalami masalah pada pahanya. Karena ketiadaan Dybala itulah, Pirlo memilih memainkan pola 3-5-2.

Lantas, bagaimana ketika Dybala pulih dari cedera? Masihkah Pirlo menggunakan formasi 3-5-2? Jawabannya kecil kemungkinan Pirlo mempertahankan pola 3-5-2.

BACA JUGA: Dzeko Datang dan Dybala Pulih, Pirlo Masih Ngotot Mainkan 3-5-2 di Juventus?

Besar kemungkinan, Pirlo akan memodifikasi formasinya dari 3-5-2 menjadi 3-4-1-2. Dengan pola 3-4-1-2, Dybala dapat beroperasi sebagai playmaker, mendukung ujung tombak kembar yang kemungkinan ditempati Cristiano Ronaldo dan Edin Dzeko.

Untuk Dzeko, penyerang AS Roma itu selangkah lagi gabung Juventus. Menurut La Reppublica, Dzeko akan mendarat di Juventus paling lambat akhir bulan ini.

Jika pola 3-4-1-2 yang diperankan Pirlo, ia otomatis mencontek formasi yang digunakan juru taktik Inter Milan, Antonio Conte. Conte memang identik dengan pola 3-5-2 saat menangani Juventus dan 3-4-3 tatkala membesut Chelsea.

Namun, bersama Inter Milan, Conte akrab dengan formasi 3-4-1-2. Dalam pola itu, Conte memainkan Christian Eriksen atau Borja Valero sebagai playmaker, mendukung duet Romelu Lukaku dan Lautaro Martinez.

Antonio Conte

(Conte sempat latih Pirlo di Juventus)

Pertemuan Pirlo dan Conte merupakan duel murid dan guru. Sekadar informasi, Conte sempat menangani Pirlo di Juventus dari 2011-2014. Karena itu, tak heran Pirlo menjadikan Conte sebagai referensi pemilihan taktiknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini