Tak Melulu soal Messi, Koeman Ingin Gaya Serangan Barcelona Variatif

Bagas Abdiel, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 46 2279323 tak-melulu-soal-messi-koeman-ingin-gaya-serangan-barcelona-variatif-iMVqHMLdTy.jpg Ronald Koeman (Foto: Twitter/@RonaldKoeman)

BARCELONA – Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengaku senang memiliki skuad penyerang yang banyak dan sangat mumpuni di Camp Nou. Karena itu, Koeman ingin Barcelona memiliki gaya serangan yang variatif sehingga akan sulit dibaca oleh lawan.

Pada dua laga persahabatan yang telah dijalani Barcelona, Koeman selalu menggunakan empat penyerang dalam formasi 4-3-2-1. Bahkan keempat penyerang tersebut secara rutin bertukar posisi sesuai dengan arahan pelatih berpaspor Belanda tersebut.

Barcelona

Koeman pun mengisyaratkan bahwa pertukaran posisi itu akan menjadi kunci dalam menangani skuad berjuluk Blaugrana tersebut. Karena itu, Koeman bisa saja tidak hanya akan mengandalkan Lionel Messi seorang diri untuk menjebol gawang lawan.

“Pendapat saya adalah memiliki serangan terbaik dapat kami lakukan di lapangan. Beberapa pemain, mereka dapat menempati posisi yang berbeda,” ungkap Koeman, mengutip dari Goal, Kamis (17/9/2020).

Baca juga 5 Fakta Laga Barcelona vs Girona, Messi Unjuk Gigi 

“Karena itulah kami berubah. Akan lebih sulit bagi lawan jika kami mengubah posisi. Seperti (Philippe) Coutinho bisa bermain di kiri, bisa bermain di tengah,” tambah mantan pelatih Timnas Belanda tersebut.

“Lalu, seperti (Antoine) Griezmann bisa bermain di kanan, bisa bermain di tengah. Messi bisa memiankan posisi sembilan, pemain sayap di dalam, dan itu hal yang baik untuk memiliki kemungkinan semacam itu,” sambungnya.

Pada laga persahabatan pertama kontra Gimnastic Tarragona, Koeman memasang Messi sebagai striker utama. Sedangkan tiga posisi gelandang serang diisi oleh Griezmann, Ousmane Dembele, dan Pedri.

Kemenangan pun berhasil diraih Barcelona dengan skor 3-1. Sementara di laga persahabatan terakhir kontra Girona, Barcelona juga sukses meraih kemenangan dengan skor 3-1, tetapi dengan formasi serangan yang berbeda.

Barcelona

Koeman menempatkan Griezmann sebagai seorang striker utama. Sementara, ia ditemani tiga pemain yang menempati posisi gelandang serang yakni Messi, Coutinho, dan Francisco Trincao.

Hasil dari dua laga pershabatan tersebut, Messi dan Coutinho mampu menonjol. Keduanya sama-sama mengemas dua gol, di mana Coutinho konsisten mencetak satu gol dari dua laga. Sedangkan Dembele dan Griezmann telah mencetak satu gol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini