Chamberlain: Liverpool Tidak Akan Terjebak Masa Lalu

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 45 2278852 chamberlain-liverpool-tidak-akan-terjebak-masa-lalu-y8qdMUUsWR.jpg Liverpool (Foto: Twitter/@LFC)

LIVERPOOL Liverpool baru saja mengakhiri mimpi buruk 30 tahun tanpa trofi Liga Inggris pada musim 2019-2020. Setiap nama pemain dalam skuad Liverpool musim lalu akan terukir dalam buku sejarah klub dan juga Liga Inggris.

Prestasi itu begitu luar biasa menilik berapa lama waktu yang Liverpool lalui untuk mendapatkan satu trofi Liga Inggris. Keberhasilan musim lalu sayangnya juga bisa berdampak buruk pada motivasi para pemain Liverpool untuk mengukir prestasi lainnya.

Trofi Liga Inggris (Foto: Premier League)

Alex Oxlade-Chamberlain tahu penurunan motivasi, adalah ancaman nyata bagi dirinya dan para pemain Liverpool yang lain. Akan tetapi, ia menegaskan bahwa setiap pemain Liverpool bisa mengatasi itu dengan baik.

Pemain asal Inggris itu menjelaskan bahwa tidak ada satu pun pemain yang membahas kesuksesan musim lalu. Chamberlain menyatakan semua pemain Liverpool fokus pada tantangan yang ada di depan mata.

BACA JUGA: Tujuan Liverpool: Konsisten Ukir Prestasi pada Setiap Musim

“Kami bisa melihat kembali nanti (keberhasilan musim lalu), tetapi kami tidak bisa terjebak di dalamnya sekarang. Mengapa kami mencapai apa yang kami lakukan? Karena kami tidak kehilangan fokus. Itu selalu tentang 'apa selanjutnya?' Begitulah sekarang,” kata Chamberlain, menyadur dari laman resmi Liverpool, Rabu (16/9/2020).

“Sebagai sebuah tim, rasanya tidak seperti kami telah melakukannya (pada musim lalu). Kami tahu kami melakukannya, kami tahu kami ada dalam buku sejarah dan kami memiliki medali untuk mengingatkan kami, tetapi berada di dalam dan di sekitar gedung (Latihan di Melwood), tidak ada yang membicarakannya, tidak ada yang memberi kesan bahwa kami, adalah juara, dan begitulah seharusnya,” tuturnya.

Mempertahankan status juara Liga Inggris bukan pekerjaan mudah bagi Liverpool, apalagi The Reds –julukan Liverpool– minim aktivitas pada bursa transfer musim panas 2020. Liverpool baru membeli satu pemain untuk menambah kualitas dalam skuad musim ini.

Pemain baru Liverpool, adalah Konstantinos Tsimikas yang Liverpool beli dari Olympiakos. Pemain asal Yunani itu menjadi pelapis dari Andy Robertson di posisi bek kiri.

Konstantinos Tsimikas (Foto: Twitter/@LFC)

Sementara itu, rival-rival Liverpool, seperti Manchester City, Chelsea, dan Arsenal, sangat aktif berbelanja pemain. Ketika kekuatan ketiga klub itu bertambah, Liverpool nyaris tidak melakukan perubahan signifikan. Itu cukup mengecewakan bagi Liverpool yang merupakan juara bertahan.

Namun, Liverpool tetap memiliki peluang untuk bersaing karena ada sosok jenius yang meracik strategi, yakni Jurgen Klopp. Juru taktik asal Jerman itu diprediksi akan menjadi kunci bagi Liverpool untuk berjaya pada musim ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini