Sudah Punya Kepa, Chelsea Tak Perlu Rekrut Kiper Baru

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 04:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 45 2278430 sudah-punya-kepa-chelsea-tak-perlu-rekrut-kiper-baru-z4sAUWB1hI.jpg Kepa Arrizabalaga (Foto:Laman Resmi Chelsea)

LONDON – Kepa Arrizabalaga menjadi salah satu nama yang santer disebut bakal meninggalkan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2020. Sebab, penjaga gawang berpaspor Spanyol itu dianggap tak mampu memberikan penampilan yang memuaskan sejak musim lalu.

Kepa sejatinya ditebus Chelsea dengan harga 80 juta euro atau sekira Rp1,4 triliun dari Athletic Bilbao pada musim panas 2018 dan menjadikannya sebagai penjaga gawang termahal dalam sejarah. Akan tetapi, Kepa justru kerap melakukan blunder sehingga gawangnya cukup sering kebobolan.

Pada pertandingan pertama Chelsea di ajang Liga Inggris 2020-2021, Kepa lagi-lagi gagal untuk membuat cleansheet meski The Blues sukses meraih kemenangan. Ia dibobol oleh Leandro Trossard lewat sepakan jarak jauh.

Baca juga: Carragher Prediksi Chelsea Justru Bakal Tampil Melempem di Musim Ini

Kepa Arrizabalaga dan Frank Lampard

Tak ayal, hal tersebut langsung membuat Kepa menjadi sorotan. Karena menurut banyak pihak, Kepa seharusnya bisa menghentikan sepakan dari jarak jauh tersebut. Akan tetapi, mantan bek Chelsea, Mario Melchiot, tak ingin memandang Kepa sebagai penjaga gawang yang buruk.

“Itu adalah tembakan dari jarak jauh. Ketika masuk, itu berada di luar kotak dan orang-orang akan langsung menyoroti si penjaga gawang. Ini juga salah satu momen yang diambil orang-orang dari musim lalu dan mencoba untuk mengkritiknya,” ujar Melchiot, menyadur dari Goal, Rabu (16/9/2020).

Menurut Melchiot, nasib Kepa kini sepenuhnya berada di tangan Manajer Chelsea, Frank Lampard. Di saat yang bersamaan, bagus atau tidaknya Kepa juga akan bergantung pada Lampard.

Dalam artian, jika Lampard mampu menumbuhkan rasa percaya diri Kepa, maka kiper 25 tahun itu diyakini akan bisa bangkit dan memberikan penampilan hebat. Sementara itu, bagi Melchiot sendiri, ia menganggap Kepa sebagai aset yang patut dipertahankan.

“Satu-satunya hal yang ingin saya pastikan adalah bahwa Frank membuat keputusan bahwa dia adalah penjaga gawangnya. Dia sekarang harus memberi si penjaga gawang kepercayaan diri dan keyakinan bahwa hal-hal ini tidak akan menggoyahkannya,” terang Melchiot.

“Saya rasa (Kepa) tidak (akan diganti). Anda hanya perlu melihat si pemain dan kemampuan pemain tersebut. Saat Kepa dalam kondisi terbaiknya, saya tidak ragu padanya. Satu-satunya hal adalah ada beberapa tanda tanya. Itu adalah satu-satunya pertanyaan yang saya miliki,” lanjutnya.

“Frank melihatnya lebih dekat daripada yang kita lihat. Kami melihatnya di pertandingan dan itulah bagaimana kami menilainya. Saya berharap lebih dari dia dan saya berharap dia juga mengharapkan lebih dari dirinya sendiri,” tandas Melchiot.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini