Mohamed Salah Merapat, Menanti Kombinasi SMD di Lini Depan Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 51 2278045 mohamed-salah-merapat-menanti-kombinasi-smd-di-lini-depan-barcelona-XbZXBLTG9m.jpg Mohamed Salah (kiri) dikaitkan dengan Barcelona. (Foto: Twitter/LFC)

LINI depan menjadi fokus utama pembenahan manajemen Barcelona pada bursa transfer musim panas 2020. Dalam waktu dekat, Barcelona akan merampungkan transfer winger kiri Olympique Lyon, Memphis Depay.

Selain Depay, Barcelona dikabarkan juga mendekati winger Liverpool, Mohamed Salah. Agen Donny van de Beek, Sjaak Swart, merupakan sosok yang membocorkan kabar di atas.

Mohamed Salah

Swart tahu Barcelona menaruh minat kepada Mohamed Salah karena satu hal. Sekadar informasi, Swart yang merupakan pesepakbola legenda asal Belanda adalah sahabat dari pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Karena itu, betapa berbahayanya lini serang Barcelona jika Memphis Depay dan Mohamed Salah jadi bergabung. Dalam pola 4-2-3-1 racikan Koeman, Mohamed Salah akan bertugas sebagai winger kanan, sedangkan Depay beroperasi di sisi sebelahnya.

Bagaimana untuk posisi penyerang tengah? Mengacu kepada susunan pemain di laga uji coba Barcelona vs Gimnastic de Tarragona pada Minggu 13 September 2020 dini hari WIB, posisi itu nantinya ditempati Lionel Messi.

BACA JUGA: Jadi Top Skor Liga Spanyol di Musim Pertama, Mohamed Salah Kalahkan Ronaldo dan Suarez

Namun, Lionel Messi nantinya tak akan bertugas sebagai penyerang tengah kebanyakan yang hanya menunggu bola. Messi akan menyuplai bola kepada dua winger Barcelona.

Pola ini bukanlah hal yang baru dijalankan Messi. Di dua musim terakhir menangani Barcelona (2010-2011 dan 2011-2012), Josep Guardiola menempatkan Messi sebagai penyerang palsu atau false nine.

Lionel Messi

(Messi akan bertugas sebagai false nine)

Hasilnya luar biasa, yang mana produktivitas gol Messi meningkat. Di musim 2011-2012, Messi mengoleksi 73 gol hanya dari 60 pertandingan! Jumlah gol itu merupakan yang terbanyak dicetak Messi dalam satu musim kompetisi semenjak membela tim senior Barcelona pada 2004.

Melihat komposisi di atas, Barcelona berpotensi memiliki trio baru di musim 2020-2021, yakni tridente Salah, Messi, Depay atau bisa disingkat SMD. Sanggupkah trio ini mengalahkan tridente Barcelona yang melegenda dari 2014-2017 yakni Messi, Luis Suarez dan Neymar Jr (MSN)?

Saat itu kombinasi ketiganya menghasilkan sembilan trofi bagi Barcelona hanya dalam kurun tiga musim. Bahkan di musim 2014-2015, ketiganya membawa Barcelona meraih treble winner.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini