Barcelona Lebih Butuh Mohamed Salah atau Memphis Depay?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 14 September 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 51 2277362 barcelona-lebih-butuh-mohamed-salah-atau-memphis-depay-cZuZykFfEK.jpg Mohamed Salah saat dipeluk Jurgen Klopp. (Foto: Twitter/@MoSalah)

BARCELONA Winger Liverpool, Mohamed Salah, ramai dikabarkan akan berlabuh di Barcelona pada bursa transfer musim panas 2020. Mohamed Salah mengikuti nama lain yang juga ramai dikait-kaitkan dengan Barcelona, yakni Eric Garcia (Manchester City), Memphis Depay (Olympique Lyon) dan Georginio Wijnaldum (Liverpool).

Jika bicara posisi bermain, Mohamed Salah dan Memphis Depay sama-sama beroperasi di lini depan. Sekarang yang jadi pertanyaan, siapa yang lebih dibutuhkan Barcelona, Mohamed Salah atau Memphis Depay?

Mohamed Salah

Jika bicara pemain yang ada saat ini, Mohamed Salah lebih dibutuhkan ketimbang Depay. Kenapa? Saat ini Barcelona tidak memiliki pemain jempolan di posisi winger kanan, area yang biasa dijelalahi Mohamed Salah.

Terbukti ketika Barcelona menang 3-1 atas Gimnastic de Tarragona, posisi winger kanan ditempati pesepakbola 17 tahun, Pedri. Kemudian di babak kedua giliran Fransico Trincao (20) yang dibiarkan beroperasi di posisi winger kanan.

Bukannya Barcelona memiliki Lionel Messi dan Ousmane Dembele untuk diperankan sebagai winger kanan? Berhubung sudah 33 tahun, sulit bagi Messi jika dioperasikan di area sayap, yang mana membutuhkan kondisi fisik yang pertama.

BACA JUGA: 5 Penyebab Mohamed Salah Pindah ke Barcelona

Kemudian Dembele, winger berpaspor Prancis itu kemungkinan diplot sebagai winger kiri, posisi yang ditempatinya ketika Barcelona menang 3-1 atas Gimnastic de Tarragona. Bagaimana dengan Depay?

Pemain asal Belanda ini biasa ditempatkan sebagai winger kiri. Namun, Barcelona sudah dibanjiri winger kiri jempolan sepert Ansu Fati, Dembele hingga Philippe Coutinho.

Memphis Depay

Bagaimana jika Depay diperankan sebagai penyerang tengah? Posisi ini kemungkinan ditempati Messi. Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, terbukti memainkan Messi di posisi tersebut ketika menghadapi Gimnastic de Tarragona.

Messi pun berpengalaman dipentaskan sebagai penyerang tengah. Di dua musim terakhir (2010-2011 dan 2011-2012) menangani Barcelona, Josep Guardiola memainkan Messi sebagai penyerang tengah.

Hasilnya pun luar biasa, Messi selalu meraih trofi Ballon dOr ketika dipegang Guardiola. Perihal gol, performa terbaik Messi tercipta di musim 2011-2012, yang mana musim terakhir Guardiola bersama Barcelona. Kala itu, Messi mencetak 73 gol hanya dari 60 pertandingan di semua kompetisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini