Bukan Ancelotti atau Allegri, Ini Referensi Pirlo Bersama Juventus

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 14 September 2020 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 47 2277482 bukan-ancelotti-atau-allegri-ini-referensi-pirlo-bersama-juventus-pJB6A5eokt.jpg Juventus menang 5-0 atas Novara. (Foto: @cristiano)

TURIN – Andrea Pirlo menjalani laga perdana dalam statusnya sebagai pelatih Juventus. Menghadapi Novara di laga uji coba, pelatih 41 tahun itu membawa Juventus menang 5-0 atas Novara.

Dalam laga tersebut, gol-gol Juventus dicetak Cristiano Ronaldo, Aaron Ramsey, Marko Pjaca dan brace (dua gol) dari Manolo Portanova. Lantas, formasi apa yang digunakan Pirlo di laga Juventus vs Novara?

Cristiano Ronaldo

Berhubung Pirlo belum memiliki pengalaman menangani tim, para pengamat sepakbola sempat menerka-nerka pola apa yang digunakan Pirlo bersama Juventus. Pola yang digunakan pelatih Pirlo sewaktu aktif bermain, disinyalir bakal dipilih eks gelandang AC Milan tersebut.

Ketika Pirlo membela AC Milan, pelatih Rossoneri saat itu Carlo Ancelotti memainkan pola 4-3-1-2. Pola yang sama juga digunakan pelatih AC Milan 2010-2011, Massimiliano Allegri.

Sementara ketika membela Juventus, pelatih Bianconeri kala itu Antonio Conte memilih menggunakan 3-5-2. Setelah Conte pergi, kursi pelatih Juventus diambil alih Allegri, juru taktik yang sempat satu musim menangani Pirlo di Milan.

BACA JUGA: Juventus Menang 5-0 atas Novara, Pirlo: Saya Butuh Penyerang

Saat itu, Allegri awalnya mengandalkan pola 3-5-2, alias mewarisi pola racikan Conte. Namun, seiring berjalannya waktu Allegri kembali ke pola andalannya, yakni 4-3-1-2. Saat itu Allegri menempatkan Arturo Vidal sebagai playmaker, demi menunjang duet penyerang Carlos Tevez dan Alvaro Morata.

Lantas, pola mana yang dipilih Pirlo saat bertugas sebagai pelatih Juventus? Pelatih 41 tahun itu rupanya memilih formasi 3-5-2, atau pola racikan Conte.

Cristiano Ronaldo

Tidak mengherankan pola 3-5-2 yang dipilih Pirlo. Secara kebiasaan, skuad Juventus sudah tidak asing dengan pola ini. Cuma ada beberapa pemain yang jarang mentas di pola ini. Beberapa di antaranya Aaron Ramsey dan Cristiano Ronaldo.

Namun, dua pemain bintang di atas diprediksi tak perlu membutuhkan waktu lama beradaptasi dengan pola 3-5-2. Terbukti, Ronaldo dan Ramsey sanggup mencetak gol saat Juventus menang 5-0 atas Novara.

Karena itu, menarik menanti kiprah Pirlo bersama Juventus di laga kompetitif. Juventus akan melakoni laga kompetitif pertama mereka musim ini saat menjamu Sampdoria di pekan perdana Liga Italia 2020-2021 pada Senin 14 September 2020 dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini