Perjuangan Bali United dan PSM Makassar di Piala AFC 2020 Terhenti karena Virus Corona

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 51 2275825 perjuangan-bali-united-dan-psm-makassar-di-piala-afc-2020-terhenti-karena-virus-corona-Y9dZu78l7x.jpg Piala AFC. (AFC)

JAKARTA – Perjuangan dua klub Indonesia untuk mengangkat trofi internasional harus terhenti karena pandemi virus corona. Federasi Sepakbola Asia (AFC) telah resmi menghentikan turnamen Piala AFC yang diumumkan melalui laman mereka.

Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ibrahim Al Khalifa mengatakan, federasi mengambil langkah menghentikan Piala AFC karena tidak ingin semakin memberatkan keuangan klub yang telah porak poranda karena terdampak pandemi Covid-19. Ia menyatakan bahwa tahun ini menjadi masa yang sangat sulit bagi semua orang khususnya sepakbola.

Baca juga: Klub Indonesia Tak Akan Tampil di Liga Champions Asia 2021 dan 2022

“Ini adalah masa-masa sulit untuk semua orang yang berhubungan dengan sepakbola dan olahraga secara umum. Kami mengambil sejumlah langkah untuk memastikan kesejahteraan finansial AFC dan anggota lainnya,” kata Shaikh Salman menyitir laman AFC, Kamis (10/9/2020).

Ia pun meyakini rasa persatuan antara anggota AFC akan dapat melewati ujian pandemic virus corona secara bersama-sama. Shaikh Salman menyerukan untuk anggota AFC saling bahu membantu untuk melati tantangan pada tahun ini.

“Saya yakin persatuan dan solidaritas membuat AFC dikagumi di seluruh kalangan sepak bola. Kami yakin dapat mengatasi tantangan ini,” kata dia.

Sebelum resmi dihentikan, Piala AFC telah melakukan tiga pertandingan di babak penyisihan grup. PSM Makassar dan Bali United berada di grup H dan grup G.

Bali United berada di Grup G bersama Than Quang Ninh, Svay Rieng dan Ceres (Filipina. Dari tiga laga, Bali United menang saat beremu Than Quang Ninh dengan skor 4-1. Mereka kemudian kalah dari tuan rumah Svay Rieng, 2-1. Bali United selanjutnya hancur dibantai Ceres dengan skor 4-0.

Bali United yang bersaing di Grup G menempati peringkat empat dengan koleksi tiga poin. Mereka dari tiga pertandingan hanya mengumpulkan tiga poin.

Sementara PSM di Grup H bersama Tampines, Shan Han United dan Kaya. Dari tiga pertandingan PSM berhasil mengumpulkan empat poin.

PSM pada laga awal kalah dari tuan rumah Tampines, 2-1. Mereka kemudian menang saat menjamu Shan Han United dengan skor 3-1. Dalam laga terakhir sebagai tuan rumah, PSM hanya berhasil bermain imbang dengan Kaya dengan skor 1-1.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini