Klub Indonesia Tak Akan Tampil di Liga Champions Asia 2021 dan 2022

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 07 51 2258337 klub-indonesia-tak-akan-tampil-di-liga-champions-asia-2021-dan-2022-2RfobF9n7T.jpg Liga Champions Asia (Foto: AFC)

JAKARTA – Indonesia dipastikan tak akan memiliki wakil yang berlaga di ajang Liga Champions Asia pada musim kompetisi 2021 dan 2022. Pasalnya, jatah untuk klub Indonesia kini diambil alih oleh Korea Utara.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia sejatinya mendapat jatah satu tiket untuk berlaga di ajang Liga Champions Asia. Jatah tersebut diberikan kepada pemenang Liga 1 (Liga Indonesia).

Si pemenang sayangnya tak bisa langsung berlaga di babak penyisihan grup. Mereka harus lebih dulu menjalani babak eliminasi pertama, yakni merupakan tahapan terbawah dari babak kualifikasi sebelum lolos ke fase grup.

Baca juga: Sergio Farias Bertekad Bawa Persija ke Liga Champions Asia

Liga Champions Asia

Kendati demikian, sekarang perolehan poin koefisien Indonesia disalip oleh Korea Utara. Maka dari itu, jatah yang selama ini menjadi milik Indonesia pun harus diberikan kepada negara yang dipimpin oleh Kim Jong-Un tersebut.

Berbeda dengan Indonesia, wakil dari Korea Utara justru dipersilakan untuk tampil langsung di fase grup Liga Chamions Asia. Mereka tak perlu lagi memulai dari babak eliminasi pertama.

Dalam tiga musim terakhir, Bali United dan Persija menjadi dua klub asal Indonesia yang berkesempatan mentas di Liga Champions Asia. Sayangnya, mereka tak pernah menembus babak penyisihan grup.

Pada gelaran Liga Champions Asia 2018, Bali United disingkirkan Chiangrai United di babak eliminasi kedua dengan skor 1-2. Sedangkan pada gelaran Liga Champions Asia 2020, tim berjuluk Serdadu Tridatu itu digugurkan oleh Melbourne Victory dengan skor 0-5 di babak yang sama.

Sementara itu, Persija yang berkesempatan tampil di Liga Champions Asia 2019, juga harus gugur di babak eliminasi kedua. Kubu Macan Kemayoran tumbang dengan skor 1-3 sehingga tak bisa melangkah ke fase grup.

Meski Indonesia kehilangan jatah di Liga Champions Asia, namun kuota untuk Piala AFC tidak berkurang. Skemanya, klub pemenang Liga 1 akan lolos langsung ke fase grup, sedangkan runner-up kejuaraan bakal menjalani babak play-off terlebih dahulu.

Meski begitu, Indonesia dan PSSI tentunya harus berjuang untuk menjadikan Liga 1 kompetisi yang lebih baik agar bisa tampil di ajang Liga Champions Asia lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini