Messi Menyerang Total, Ini Formasi Barcelona Musim 2020-2021

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 46 2275113 messi-menyerang-total-ini-formasi-barcelona-musim-2020-2021-KojeCoXzWD.JPG Messi mulai berlatih bersama Barcelona. (Foto: Laman resmi Barcelona)

BARCELONA – Salah satu orang yang dekat dengan pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengungkap strategi yang akan digunakan juru taktik asal Belanda itu bersama Blaugrana –julukan Barcelona– di musim 2020-2021. Untuk musim ini, Koeman akan memfokuskan serangan kepada sang megabintang, Lionel Messi.

Bahkan, Koeman memiliki instruksi khusus kepada Messi. La Pulga diminta untuk tidak ikut bertahan ketika skuad Blaugrana mendapatkan serangan dari pemain lawan.

Ronald Koeman

(Koeman meminta Messi untuk fokus menyerang)

“Ronald ingin Leo (Messi) fokus menyerang dan tidak turun mencari bola di tengah, tapi menunggu rekan satu timnya yang mengambil. Messi diharapkan bebas dari sebagian besar tugas bertahannya,” kata salah satu sumber dekat Koeman, mengutip dari Sputniknews, Rabu (9/9/2020).

Menilik fakta di atas, pola apa yang akan digunakan Koeman bersama Barcelona? Jika merujuk pola permainan yang dikembangkan Koeman, pelatih 57 tahun itu kemungkinan memainkan formasi 4-2-3-1.

Dalam pola tersebut, siapa saja pemain yang akan diturunkan Koeman? Jika merujuk kepada pemain yang ada saat ini, posisi penjaga gawang dipercayakan kepada Marc-Andre ter Stegen.

BACA JUGA: Putus Kontrak dengan Barcelona, Vidal Segera Gabung Inter Milan

Kemudian, empat bek sejajar ditempati Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet dan Jordi Alba. Selanjutnya, gelandang double pivot akan dipercayakan kepada Sergio Busquets dan Frenkie de Jong.

Selanjutnya, Lionel Messi akan bertugas sebagai winger kanan, sedangkan Ansu Fati beroperasi d sisi sebelahnya. Untuk posisi second striker, Philippe Coutinho akan bertugas di sana, sedangkan Antoine Griezmann beroperasi di posisi penyerang tengah.

Lionel Messi

(Messi akan beroperasi sebagai winger kanan)

Namun, komposisi di atas masih bisa berubah, mengingat manajemen Barcelona sedang memburu dua nama. Sebanyak dua nama yang dimaksud adalah Georginio Wijnaldum (Liverpool) dan Memphis Depay (Olympique Lyon).

Karena itu, menarik menanti pencapaian apa yang dibuat Barcelona pada musim 2020-2021. Trofi Liga Champions praktis menjadi bidikan Barcelona, mengingat sejak 2015 mereka tak lagi pernah lagi mengangkat trofi si Kuping Besar.

 Berikut formasi Barcelona di musim 2020-2021:

(4-2-3-1): Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Jordi Alba; Busquets, De Jong; Messi, Ansu Fati, Coutinho; Griezmann.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini