Eto'o: Lionel Messi Tak Bisa Sendirian di Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 46 2274448 eto-o-lionel-messi-tak-bisa-sendirian-di-barcelona-TTbyd9kyfy.JPG Messi (tengah) saat berlatih bersama skuad Barcelona. (Foto: Laman resmi Barcelona)

BARCELONA – Pesepakbola legenda asal Kamerun, Samuel Eto’o, bahagia Lionel Messi bertahan di Barcelona. Eto’o menilai bertahannya Messi membuat Barcelona semakin kuat.

Namun, Eto’o ragu Barcelona bisa berjaya jika mengandalkan Messi sendirian. Eks pemain Real Madrid itu menilai, Messi membutuhkan gelandang yang piawai memainkan bola, alias menghidupkan kembali pola permainan tiki-taka yang pernah diagungkan Barcelona.

Lionel Messi

Semenjak ditinggal Xavi Hernandez pada musim panas 2015, Barcelona belum lagi menemukan sosok gelandang yang piawai mengatur tempo permainan. Akibatnya, lepas musim 2014-2015, Barcelona tak pernah lagi menjadi kampiun Liga Champions.

“Saya senang karena anak saya, Messi, tetap tinggal di rumahnya (Barcelona). Namun, Barcelona membutuhkan pemain lain dengan DNA Blaugrana. Messi saja tidak cukup,” kata Eto’o mengutip dari Goal, Selasa (8/9/2020).

“Barcelona membutuhkan pemain yang paham dengan gaya permainan tiki-taka dan bukan box-to-box,” lanjut Eto’o.

BACA JUGA: 5 Pemain Barcelona yang Dapat Gantikan Posisi Messi, Nomor 1 Paling Tajam

Melihat ucapan Eto’o di atas, pertanda pria 39 tahun itu menyindir manajemen Barcelona? Sekadar informasi, DNA Barcelona bisa ditemukan dari pemain-pemain jebolan akademi Barcelona.

Namun, selepas Sergi Roberto, tak pernah lagi ada pemain akademi Barcelona yang eksis di starting XI Blaugrana. Kesalahan manajemen Barcelona di bawah kepemimpinan Josep Maria Bartomeu, diprediksi menjadi sebab-musabab kenapa tak lagi ada lagi pemain jebolan akademi Barcelona yang eksis di starting XI Blaugrana.

Menilik ucapan Eto’o di atas juga, ia menyarankan manajemen Barcelona mendatangkan gelandang yang memiliki DNA Blaugrana, alih-alih mendatangkan gelandang box-to-box. Sekadar informasi, ada satu gelandang yang memiliki DNA Blaugrana dan berada di pasar transfer.

Sosok yang dimaksud adalah gelandang Bayern Munich, Thiago Alcantara. Ketika Thiago dipromosikan ke skuad utama Barcelona pada 2011, anak dari legenda asal Brasil, Mazinho, itu diproyeksikan sebagai suksesor Xavi Hernandez.

Thiago Alcantara

(Thiago Alcantara bisa balik ke Barcelona)

Namun, langkah tidak populer dilakukan manajemen Barcelona pada musim panas 2013. Saat itu, mereka memilih menjual Thiago ke Bayern Munich. Efeknya ketika Xavi angkat kaki pada musim panas 2015, Barcelona tidak memiliki gelandang pengganti. Karena itu, menarik menanti siapa gelandang yang didatangkan Barcelona pada musim panas 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini