5 Pemain Barcelona yang Dapat Gantikan Posisi Messi, Nomor 1 Paling Tajam

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 51 2274279 5-pemain-barcelona-yang-dapat-gantikan-posisi-messi-nomor-1-paling-tajam-PFnL2qOoWw.JPG Messi batal tinggalkan Barcelona. (Foto: Laman resmi Barcelona)

LIONEL Messi berperan sebagai playmaker ketika tampuk kepelatihan Barcelona dipegang Quique Setien. Saat itu, Messi bertugas mendukung dua penyerang Barcelona, yakni Luis Suarez dan Antoine Griezmann.

Namun, pada praktiknya Messi jarang beroperasi di tengah. La Pulga –julukan Messi– lebih banyak bergerak di sisi kanan penyerangan. Karena itu, pelatih Barcelona saat ini, Ronald Koeman, kemungkinan memainkan Messi sebagai winger kanan dalam pola 4-2-3-1.

BACA JUGA: Belanda Keok di Tangan Belanda, De Jong: Itu Tidak Cerminkan Kualitas Kami

Dalam pola 4-2-3-1, ada satu posisi yang dinamakan second striker. Tugas playmaker dan second striker tidak berbeda jauh, yakni sama-sama menyuplai bola kepada penyerang utama.

Seiring digesernya Messi ke sisi kanan, siapa pemain Barcelona yang akan dipentaskan sebagai second striker? Saat ini, Barcelona sedang memburu dua nama yang kebetulan juga dapat diperankan di posisi second striker.

Berikut 5 pemain Barcelona yang dapat gantikan posisi Lionel Messi di posisi second striker atau playmaker:

5. Georginio Wijnaldum

Georginio Wijnaldum

Wijnaldum yang saat ini masih berstatus pemain Liverpool, dalam waktu dekat mendarat di Estadio Camp Nou. Koeman jadi sosok yang meminta manajemen Barcelona untuk mendatangkan anak asuhnya di Timnas Belanda tersebut.

Ketika berkolaborasi di Timnas Belanda, Koeman selalu menempatkan Wijnaldum di posisi second striker. Karena itu, jika berhasil didatangkan, Wijnaldum kemungkinan mentas di posisi second striker.

4. Carles Alena

Carles Alena

Carles Alena memiliki posisi asli sebagai gelandang tengah. Namun, ketika dibutuhkan, pemain yang sempat dipinjamkan ke Real Betis itu juga dapat berperan sebagai second striker.

BACA JUGA: Intip Sesi Latihan Perdana Lionel Messi Bersama Barcelona

Peran itu beberapa kali diemban Alena ketika masih memperkuat Barcelona B. Namun, mengingat banyaknya pesaing di posisi second striker, Alena mesti bersabar jika ingin bermain. Meski begitu, berhubung baru berusia 22 tahun, Alena masih memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan olah bolanya.

3. Memphis Depay

Memphis Depay

Sama seperti Wijnaldum, Depay juga belum berstatus sebagai pemain Barcelona. Namun, dalam waktu dekat Depay akan mendarat di Estadio Camp Nou. Berhubung kontrak Depay hanya tersisa hingga 30 Juni 2021, manajemen Barcelona hanya mengeluarkan 22 juta pounds atau sekira Rp427,9 miliar untuk mendapatkan pemain asal Belanda tersebut.

Saat ini, Depay yang berstatus sebagai pemain Olympique Lyon memang kerap bermain sebagai winger kiri. Namun, bersama Lyon Depay beberapa kali dimainkan pelatih Rudi Garcia di area tersebut (second striker).

2. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho

Koeman memastikan bakal memainkan Coutinho di posisi gelandang. Hal itu mengindikasikan Coutinho akan berperan di posisi second striker, posisi yang ia emban ketika membela Tim Nasional Brasil dan di musim terakhir membela Liverpool.

Jika melihat karakter dan gaya permainan, Coutinho paling cocok dipentaskan sebagai second striker. Namun, keputusan akhir tetap di tangan Koeman yang terikat kontrak bersama Barcelona hingga 30 Juni 2022.

1. Antoine Griezmann

Antoine Griezmann

Di awal kariernya sebagai pesepakbola profesional, Griezmann dikenal sebagai penyerang tajam. Namun, dalam beberapa tahun ke belakang, pria yang biasa disapa Grizou itu justru sering berperan di posisi second striker.

Mentas di posisi second striker dijalani Griezmann ketika membela Timnas Prancis. Pesepakbola 29 tahun itu tercatat menjadi top skor (6 gol) dan membawa Les Bleus –julukan Prancis– lolos ke final Piala Eropa 2016.

Dua tahun berselang, Griezmann menjadi runner-up top skor (4 gol) dan membawa Prancis juara Piala Dunia 2018. Karena itu, Griezmann bisa difavoritkan menempati posisi second striker racikan Koeman.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini