Daniele Orsato Bangga Dipercaya Jadi Wasit Final Liga Champions 2019-2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 05:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 261 2265969 daniele-orsato-bangga-dipercaya-jadi-wasit-final-liga-champions-2019-2020-ckurzoxsHL.jpeg Daniele Orsato akan memimpin laga Final Liga Champions 2019-2020 (Foto: UEFA)

LISBON – Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) resmi menunjuk Daniele Orsato sebagai wasit laga Final Liga Champions 2019-2020 antara Paris Saint-Germain (PSG) vs Bayern Munich. Pria asal Italia itu mengaku sangat bangga dipercaya memimpin sebuah laga penting.

Final Liga Champions 2019-2020 di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal, Senin 24 Agustus dini hari WIB, menjanjikan sebuah partai menarik antara Paris Saint-Germain vs Bayern Munich. Kedua kesebelasan merupakan jawara di liga masing-masing pada dua musim terakhir.

Apabila dibandingkan, kedua kesebelasan bagaikan bumi dan langit di Liga Champions. Bayern Munich sudah 11 kali melangkah ke final, sedangkan PSG baru akan merasakan partai puncak pertamanya. Die Roten sudah lima kali juara, sementara Les Rouge et Bleu sama sekali belum pernah.

Baca juga: Tiga Pemain Ini Bakal Jadi Andalan Bayern di Final Liga Champions 2019-2020

Trofi Liga Champions (Foto: Twitter/@ChampionsLeague)

Laga tersebut akan dipimpin oleh Daniele Orsato. Ini merupakan kesempatan pertamanya menjadi pengadil laga Final Liga Champions. Pria berusia 44 tahun itu mengaku sangat bangga mendapat kepercayaan sebagai wasit Final Liga Champions 2019-2020.

“Anda memimpikan momen ini sepanjang karier. Bagi saya, ini adalah mimpi seumur hidup. Perasaan pertama yang hinggap di tubuh saya ketika diberi tahu akan memimpin laga final adalah sangat bersemangat,” urai Daniele Orsato, dikutip dari laman resmi UEFA, Minggu (23/8/2020).

Pria asal wilayah Vicenza itu akan ditemani dua asisten, yakni Lorenzo Manganelli dan Alessandro Giallatani. Daniele Orsato mengaku punya hubungan baik dengan kedua rekannya itu. Sebab, mereka bertiga sering belajar bersama tentang detil pertandingan.

“Kami memiliki hubungan yang luar biasa. Kami selalu mempelajari setiap detil bersama-sama dan saling mendukung satu sama lain ketika di dalam mau pun luar lapangan,” tutup pria yang hobi bersepeda itu.

Bayern Munich mau pun PSG wajib bermain dengan penuh kehati-hatian. Sebab, Daniele Orsato tidak segan-segan mengeluarkan kartu kuning. Dari enam laga Liga Champions 2019-2020 yang dipimpinnya, tercatat 33 lebar kartu kuning dicabut dari kantong.

Salah satu laga yang dipimpinnya pada Liga Champions 2019-2020 adalah ketika Real Madrid menjamu Manchester City di babak 16 besar, Februari lalu. Pada laga itu, Orsato mencabut tiga lembar kartu kuning dan satu kartu merah bagi Sergio Ramos. Ia juga memberikan satu hadiah penalti buat The Citizens.

Selain ditemani dua asisten, UEFA menunjuk Ovidiu Hategan asal Rumania sebagai ofisial keempat. Sementara untuk VAR, federasi menunjuk Massimiliano Irrati sebagai petugas utama, dibantu Marco Guida selaku asisten.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini