Langsung Tangani Tim Utama Juventus, Pirlo Disebut Inzaghi Punya Keuntungan

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 47 2264745 langsung-tangani-tim-utama-juventus-pirlo-disebut-inzaghi-punya-keuntungan-DWHRRnC51W.jpg Andrea Pirlo (Foto: Twitter)

BENEVENTO – Andrea Pirlo kini telah resmi menjadi pelatih tim utama Juventus. Meski dianggap jenius sebagai seorang pemain, namun Pirlo sejatinya belum memiliki pengalaman melatih.

Pada akhir Juli 2020, Pirlo sebenarnya baru saja diangkat sebagai pelatih Juventus U-23 yang berlaga di Serie C. Akan tetapi, sekira sepekan kemudian, ia langsung ditarik untuk menjadi pelatih tim utama guna menggantikan Maurizio Sarri. Uniknya, Pirlo belum sekalipun memimpin pertandingan Juventus U-23.

Pirlo bahkan saat ini belum mendapatkan lisensi kepelatihannya. Untuk menjadi pelatih sepakbola di Italia, seseorang harus lebih dulu melalui kursus di tempat latihan Coverciano.

Baca juga: Cristiano Ronaldo dan Dybala Dijual, Juventus Bisa Apa?

Andrea Pirlo

Tentu saja, mereka juga harus lulus dalam ujian yang diberikan dan mengerjakan tesis akhir. Saat ini Pirlo belum mengumpulkan tesis akhirnya. Maka dari itu, ia belum memiliki lencana kepelatihan. Pirlo rencananya baru akan mengumpulkan tesis akhirnya pada Oktober 2020.

Maka dari itu, mantan penyerang AC Milan, Filippo Inzaghi, menganggap Pirlo sebagai orang yang beruntung. Terlebih karena Pirlo langsung diberi kepercayaan untuk menangani sebuah klub besar seperti Juve.

Saat ini, sejatinya banyak mantan pesepakbola yang satu generasi dengan Pirlo menjalani profesi sebagai pelatih, termasuk Inzaghi yang menakhodai Benevento. Selain itu, terdapat juga nama-nama seperti Gennaro Gattuso, Alessandro Nesta, Fabio Cannavaro, hingga Massimo Oddo.

Kebanyakan dari mereka memulai karier kepelatihan dengan menangani tim terlebih dahulu. Maka dari itu, Pirlo diniai Inzaghi memiliki sebuah keuntungan. Apalagi, Juve adalah tim yang kompetitif dan selalu bertarung untuk gelar juara selama sembilan musim terakhir.

“Saya sudah menulis (ucapan selamat) kepadanya ketika dia menandatangani kontrak dengan tim U-23 (Juventus). Saya mengatakan kepadanya bahwa itu akan sulit, tetapi memulai karier dengan (tim utama) Juventus bisa menjadi sebuah keuntungan,” jelas Inzaghi, mengutip dari Football Italia, Rabu (19/8/2020).

“Kami banyak yang menjadi pelatih sekarang dari Tim Nasional (Italia) tahun 2006. Kami semua ingin memberikan antusiasme kami kepada para pemain,” lanjut Inzaghi.

Dengan demikian, maka Pirlo dan Inzaghi akan beradu taktik di ajang Liga Italia 2020-2021. Sebab, Inzaghi berhasil membawa Benevento promosi ke kasta tertinggi sepakbola Italia. Selain itu, mereka juga beradu strategi dengan Gennaro Gattuso yang membesut Napoli.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini