Share

Ronald Koeman Datang, Ini Formasi Barcelona Tanpa Messi

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 46 2263486 ronald-koeman-datang-ini-formasi-barcelona-tanpa-messi-ELc91cH8Yv.jpg Ronald Koeman, segera diresmikan sebagai pelatih Barcelona. (Foto: @RonaldKoeman)

BARCELONA – Ronald Koeman kemungkinan besar diperkenalkan sebagai pelatih anyar Barcelona pada hari ini, Senin (17/8/2020). Pelatih 57 tahun itu akan menggantikan posisi Quique Setien yang berpotensi dipecat hari ini.

Jika benar menangani Barcelona, formasi apa yang akan diterapkan Koeman? Jika merujuk pola yang digunakan Koeman saat membesut Tim Nasional Belanda, pria berambut pirang itu akan mengandalkan formasi 4-2-3-1.

Ronald Koeman

(Ronald Koeman segera jadi pelatih Barcelona)

Namun, Koeman belum tentu bisa memainkan Lionel Messi dalam pola 4-2-3-1 andalannya. Sebab, media-media Eropa seperti Marca hingga The Sun memberitakan La Pulga –julukan Messi– bisa saja angkat kaki dari Estadio Camp Nou pada bursa transfer musim panas 2020.

Messi segera angkat kaki karena kesal dengan sejumlah kebijakan yang dibuat presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Saat ini ada dua klub yang berpeluang mengikat Messi, yakni Manchester City dan Inter Milan.

Andai Messi angkat kaki, masihkah Koeman mengandalkan pola 4-2-3-1 di Barcelona? Jawabannya masih. Dalam pola tersebut, Koeman akan mengandalkan Marc-Andre ter Stegen untuk mengawal gawang Blaugrana.

BACA JUGA: 6 Pemain Segera Dijual Barcelona, Siapa Saja?

Kemudian, empat bek sejajar diisi Nelson Semedo, Clement Lenglet, Gerard Pique dan Jordi Alba. Untuk posisi gelandang double pivot, Miralem Pjanic dan Frenkie de Jong akan bersaing demi menjadi tandem ideal bagi Sergio Busquets.

Jika menilik skuad Barcelona saat ini, mereka tak cukup ideal mengandalkan pola 4-2-3-1 yang juga mengandalkan area sayap. Sebab, Barcelona kekurangan pemain jempolan di posisi sayap.

Neymar Jr

(Neymar Jr bisa pindah ke Barcelona)

Dua sayap Barcelona, Ousmane Dembele rentan cedera, sedangkan Ansu Fati masih terlalu muda yakni 17 tahun. Karena itu, nama Neymar Jr (PSG) masuk radar Barcelona. Jika Neymar datang, ia bisa dioperasikan sebagai winger kiri, sedangkan Dembele atau Ansu Fati beroperasi di sisi sebelahnya.

Selanjutnya, Antoine Griezmann bertugas sebagai second striker, mendukung penyerang tunggal Luis Suarez. Khusus Griezmann, ia tampil tajam saat dimainkan sebagai second striket tatkala membela Timnas Prancis di Piala Eropa 2016 dan Piala Eropa 2018.

Setelah menjadi top skor Piala Eropa 2016, Griezmann menjadi runner-up pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia 2018. Karena itu, menarik menanti racikan Koeman di Barcelona.

Berikut prakiraan formasi Barcelona musim depan tanpa kehadiran Messi:

(4-2-3-1): Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet; Alba; De Jong/Pjanic, Busquets, Neymar, Ansu Fati/Dembele, Griezmann; Suarez.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini