4 Klub yang Alami Kekalahan Telak di Fase Gugur Liga Champions

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 261 2263442 4-klub-yang-alami-kekalahan-telak-di-fase-gugur-liga-champions-Y2zpgznwrE.jpg Barcelona kembali telah kekalahan terparah saat menghadapi Bayern Munich di perempatfinal Liga Champions 2019-2020. (Foto: Twitter Bayern)

LIGA Champions 2019-2020 kini sudah mencapai babak semifinal, di mana akan ada pertarungan antara Bayern Munich melawan Olympique Lyon dan Paris Saint-Germain (PSG) yang bakal ditantang oleh RB Leipzig. Kedua final itu pun dipastikan akan berlangsung pada tengah pekan ini.

Tentunya tak ada yang menyangka bahwa keempat klub tersebut bisa berada di semifinal Liga Champions 2019-2020. Terlalu banyak kejutan yang terjadi kompetisi tersebut pada musim ini, terutama saat di perempatfinal.

Salah satu kejutan itu adalah dibantainya Barcelona oleh Bayern dengan skor 2-8. Skor tersebut lantas mengingatkan kita bahwa sebelumnya juga ada beberapa klub yang menelan kekalahan telak di fase grup. Siapa saja klub tersebut?

Berikut Empat Klub yang Alami Kekalahan Telak di Fase Grup Liga Champions, Mengutip dari Sportskeeda:

4. Liverpool 4-0 Barcelona (2018-2019)

Suasana laga Liverpool vs Barcelona

Ketika Liverpool dikalahkan Barcelona 0-3 di Camp Nou pada leg pertama semifinal Liga Champions 2018-2019, tak ada yang merasa skuad asuhan Jurgen Klopp mampu membalikka keadaan di Anfield. Sebab kala itu Liverpool membutuhkan skor 4-0 untuk dapat melaju ke final kompetisi tersebut.

Akan tetapi, kekuatan Anfield nyatanya mampu membuat semua itu menjadi kenyataan. Secara luar biasa Liverpool mampu membungkam Barcelona dengan skor telak 4-0 dan membuat mereka ke final karena menang 4-3 dan menjuarai Liga Champions 2018-2019.

Dua gol dari Divock Origi dan Georginio Wijnaldum menjadi penyebab Liverpool bisa melakukan itu semua. Kekalahan 0-4 Barcelona dari Liverpool itu lantas diyakinan akan selalu dikenang sebagai laga comeback terbaik di Liga Champions.

3. Liverpool 4-0 Real Madrid (2008-2009)

Suasana laga Liverpool vs Madrid di Liga Champions 2008-2009

Madrid sempat mengalami masa-masa kelam di tahun 2000-an. Sebab mereka pernah merasakan kekalahan beruntun yang memalukan dengan tersingkir di babak pertama sistem gugur Liga Champions selama 6 musim berturut-turut.

Dari banyaknya momen tersingkir itu, kekalahan 0-4 dari Liverpool mungkin menjadi laga yang akan sulit dilupakan oleh fans Madrid. Sebab Madrid memang benar-benar dipermalukan The Reds saat tampil di Anfield.

Awalnya Madrid yang bertandang ke Anfield dengan defisit 0-1 dari kekalahan mereka di Santiago Bernabeu memiliki harapan bisa membalikkan keadaan. Namun, tak disangka-sangka Liverpool yang kala itu masih diperkuat Ryab Babel mampu membenamkan Madrid empat gol tanpa balas.

2. Barcelona 6-1 Paris Saint-Germain (2016-2017)

Suasana laga Barcelona vs PSG di Liga Champions 2016-2017

Pada babak 16 besar Liga Champions 2016-2017, Paris Saint-Germain (PSG) secara luar biasa mampu mempermalukan Barcelona dengan skor 4-0. Padahal pada saat itu Barcelona masih memiliki trio MSN, yakni Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar Jr.

Akan tetapi, bukan Barcelona namanya kalau menyerah begitu saja. Karena itulah pada babak leg kedua Barcelona tampil menggila sehingga mampu membalas PSG dengan kemenangan 6-1 di Stadion Camp Nou.

Apa yang dilakukan Messi dan kawan-kawan pada laga tersebut sangat luar biasa dan dianggap sebagai salah satu laga comeback terbaik di kompetisi Liga Champions.

1. Bayern Munich 8-2 Barcelona (2019-2020)

Suasana laga Barcelona vs Bayern

Adanya wabah virus corona yang menyerang dunia pada awal 2020 telah membuat perubahan dalam kehidupan manusia. Salah satu yang mengalami perubahan itu adalah sepakbola, di mana cabang olahraga (cabor) itu melaksanakan pertandingan dengan tanpa ada penonton sampai sekarang ini.

Format pertandingan Liga Champions musim ini pun berubah, yang biasanya laga perempatfinal dan semifinal berlangsung dua leg, kini sedari perempatfinal hanya berlangsung satu laga saja dan berlangsung di tempat netral, yakni Portugal.

Perbedaan itu tentunya tak terlalu mengubah kualitas permainan. Namun, hanya ada satu laga membuat tim yang kalah di perempatfinal kini tak bisa membalas di leg kedua dan itulah yang dirasakan Barcelona.

Ya, Barcelona benar-benar tak bisa membalas kekalahan tragis 2-8 mereka dari Bayern di perempatfinal yang berlangsung pada Sabtu 15 Agustus 2020 kemarin. Entah apa yang terjadi dengan Barcelona pada saat bersua Bayern tersebut sehingga mampu dihajar delapan gol oleh Robert Lewandowski dan kawan-kawan.

Buruknya permainan Barcelona, atau lebih tepatnya di sektor pertahanan mereka terlihat mampu dieksploitasi dengan baik oleh Bayern. Maka tak heran jika Bayern bisa membantai Barcelona dengan skor yang cukup telak, yakni 8-2.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini