Cristiano Ronaldo Gabung PSG, Sanggup Lewati Rekor Pauleta?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 51 2262247 cristiano-ronaldo-gabung-psg-sanggup-lewati-rekor-pauleta-e6GHZfIzWZ.jpg Cristiano Ronaldo saat berlatih bersama Juventus. (Foto: @juventusfc)

PARIS – Nama Cristiano Ronaldo (Juventus) santer diberitakan dalam beberapa hari terakhir. Pesepakbola 35 tahun itu kencang dilaporkan akan melanjutkan karier bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Kenapa PSG yang dituju Ronaldo? Di tengah pandemi virus corona seperti ini yang membuat banyak klub hilang pemasukan, dipercaya hanya PSG yang mampu mendaratkan pemain bergaji mahal seperti Ronaldo.

Cristiano Ronaldo Pamer Jersey Bernomor Punggung 700

Saat ini Ronaldo memiliki gaji 31 juta euro atau sekira Rp543,8 miliar per tahun. Jumlah tersebut unggul hampir empat kali lipat dari pemain Juventus dengan gaji kedua tertinggi, Matthijs de Ligt, yang menerima delapan juta euro per tahun.

Menurut laporan pakar transfer Sky Sports, Guillem Balague, manajemen Juventus sudah mendorong agen Ronaldo, Jorge Mendes, untuk mencarikan sang klien klub baru. Bukan tak mungkin, klub yang dituju Ronaldo nantinya adalah PSG.

Jika Ronaldo benar gabung PSG, masih sanggupkah ayah empat anak tersebut mencetak gol? Andai benar hengkang ke PSG, ada satu rekor yang wajib dibidik Ronaldo, yakni pemain Portugal dengan koleksi gol terbanyak.

BACA JUGA: Bawa Barcelona Kalahkan Bayern, Messi Samai Trofi Liga Champions Milik Cristiano Ronaldo?

Sekadar informasi, PSG sempat diperkuat penyerang asal Portugal, Pedro Pauleta, dari 2003-2008. Saat itu, Pauleta turun dalam 211 pertandingan di semua kompetisi dengan koleksi 109 gol.

Bahkan pada musim 2005-2006 dan 2006-2007, Pauleta tercatat sebagai top skor Liga Prancis. Singkat kata, Pauleta yang kini berusia 47 tahun itu sempat berstatus sebagai top skor sepanjang masa PSG, sebelum akhirnya dipecahkan Zlatan Ibrahimovic pada Oktober 2015.

Pedro

(Pedro Pauleta, sempat jadi mesin gol PSG)

Sanggupkah Ronaldo mengejar koleksi 109 gol milik Pauleta jika benar gabung PSG? Peluangnya sangat kecil, mengingat usia Ronaldo sudah tak muda lagi.

Misal Ronaldo dikontrak empat musim oleh PSG (hingga berusia 39 tahun), ia mesti mencetak minimal 28 gol setiap musimnya. Tentu bagi pemain seusia 36-39 tahun, butuh usaha ekstra untuk mengemas 28 gol di setiap musimnya.

Terlebih, di lini depan PSG, Ronaldo mesti bersaing dengan pemain-pemain tajam yang secara usia jauh lebih muda darinya. Sebut saja Neymar yang baru 28 tahun, Kylian Mbappe (21) dan Mauro Icardi (27).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini