Share

Terakhir PSG ke Semifinal Liga Champions, Neymar Masih Bocah dan Mbappe Belum Lahir

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 261 2261538 terakhir-psg-ke-semifinal-liga-champions-neymar-masih-bocah-dan-mbappe-belum-lahir-ZsgffU3aMb.jpg Neymar Jr dan Kylian Mbappe berperan penting (Foto: Twitter/@ChampionsLeague)

LISBON – Sejarah dicatatkan Paris Saint-Germain (PSG) ketika berhasil menyingkirkan Atalanta dari Perempatfinal Liga Champions 2019-2020, Kamis (13/8/2020) dini hari WIB. Itu merupakan kali kedua Les Parisien melangkah ke babak semifinal, yang terakhir kali dirasakan pada 1994-1995!

Seperti diketahui, PSG sukses menaklukkan Atalanta secara dramatis dengan skor 2-1 pada Perempatfinal Liga Champions 2019-2020, Kamis (13/8/2020) di Stadion Da Luz, Lisbon, Portugal. Kemenangan itu diraih setelah Gli Orobici unggul lebih dulu pada menit 26 lewat kaki Mario Pasalic.

Setelah itu, laga praktis menjadi milik PSG. Namun, Les Rouge et Bleu baru bisa mencetak gol pada injury time babak kedua lewat Marquinhos dan Eric Maxim Choupo-Moting. PSG akhirnya bisa kembali merasakan babak semifinal setelah sekian lama terhenti di 16 besar atau perempatfinal Liga Champions.

Baca juga: Atalanta vs PSG, Jumlah Dribel Neymar Samai Rekor Messi

Neymar bersama ayah sekaligus agennya

Kali terakhir mereka berlaga di Semifinal Liga Champions adalah pada 1995, di mana mereka kalah secara agregat 0-3 dari AC Milan. Pada saat itu, salah satu bintang PSG masa kini, Neymar Junior masih berusia tiga tahun.

Seperti diketahui, pemain berpaspor Brasil itu lahir dan tumbuh besar di sebuah kota padat penduduk, Mogi das Cruzes, yang berjarak sekira 60 kilometer (km) dari Sao Paulo. Kehidupannya jelas sangat jauh dibandingkan saat ini yang bergelimang harta berkat gaji selangit.

Keadaan ekonomi keluarga yang pas-pasan membuat Neymar harus tidur sekamar dengan ayahnya, Neymar Sr, di sebuah rumah kecil milik sang kakek. Neymar Sr diketahui bekerja sebagai kuli bangunan hingga sopir demi menafkahi keluarga.

Fakta menarik lainnya, duet Neymar Jr di lini depan, Kylian Mbappe belum lahir ketika PSG melangkah ke semifinal untuk pertama kali. Pemain kelahiran Bondy itu baru lahir ke dunia pada 20 Desember 1998. Mungkin saja, sang ayah Wilfried Mbappe dan ibunya, Fayza Lamari, belum bertemu dan menjalin kasih.

Keberhasilan PSG melangkah ke babak semifinal kala itu melambungkan nama George Weah. Pria berkebangsaan Liberia itu kemudian direkrut oleh AC Milan pada musim panas 1995. Ciamiknya penampilan Weah membuahkan penghargaan individu Ballon dOr 1995 yang sekaligus menjadikannya pemain Afrika pertama yang memenangi trofi bergengsi itu.

PSG masih belum mengetahui siapa lawan mereka pada babak semifinal. Sebab, babak pertandingan Perempatfinal Liga Champions 2019-2020 yang mempertemukan RB Leipzig vs Atletico Madrid baru akan dihelat, Kamis 14 Agustus dini hari WIB.

Melihat jalur yang harus dilalui, hampir pasti dari bagan tersebut akan menampilkan satu tim yang belum pernah juara di Final Liga Champions 2019-2020. Sementara pada bagan lain, masih ada nama Barcelona dan Bayern Munich, yang akan saling berhadapan, sebagai kesebelasan eks juara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini