Juventus Pecat Maurizio Sarri, Fabio Paratici Berikutnya?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 20:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 47 2259131 juventus-pecat-maurizio-sarri-fabio-paratici-berikutnya-SN5Rbo7HnG.jpg Fabio Paratici bakal menyusul Maurizio Sarri (Foto: Juventus)

TURIN – Maurizio Sarri resmi diberhentikan dari jabatannya sebagai pelatih tim utama Juventus. Menurut rumor yang beredar, pemecatan tidak hanya berhenti sampai di sana. Nasib yang sama disebut-sebut bakal menimpa Direktur Olahraga Juventus, Fabio Paratici.

Seperti diketahui, Juventus resmi memecat Maurizio Sarri setelah gagal membawa Si Nyonya Tua melaju jauh di Liga Champions 2019-2020. Padahal, pelatih berusia 61 tahun itu sanggup membawa Juventus menjadi juara Liga Italia 2019-2020, atau yang kesembilan secara beruntun.

Dilepasnya Maurizio Sarri membawa efek domino bagi jajaran direksi Juventus. Melansir dari Football Italia, Sabtu (8/8/2020), Fabio Paratici akan menyusul. Sebab, pria berkebangsaan Italia itu disebut gagal menjalankan proyek yang diinginkan sang pelatih.

Baca juga: Juventus Resmi Pecat Sarri sebagai Pelatih

Maurizio Sarri dipecat manajemen Juventus (Foto: Juventus)

Sekadar informasi, Fabio Paratici bersama Wakil Presiden Pavel Nedved, adalah pihak yang mendorong pencopotan Massimiliano Allegri sebagai pelatih pada musim panas 2019. Keduanya kemudian merekomendasikan nama Maurizio Sarri yang kemudian disetujui oleh dewan direksi.

Perekrutan Maurizio Sarri sebetulnya cukup mengejutkan. Sebab, pria kelahiran Naples itu tidak memiliki rekam jejak yang bagus sebagai pelatih. Belum lagi, ia baru merebut satu trofi bergengsi sepanjang kariernya, yakni Liga Eropa 2018-2019 bersama Chelsea.

Namun, Manajemen Juventus terlanjur percaya padanya. Apalagi, mereka menginginkan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan memanggungkan sepakbola atraktif. Keinginan tersebut sepertinya menemukan jodoh dalam diri Maurizio Sarri yang memperkenalkan filosofi Sarrismo.

Sayangnya, skuad Juventus warisan Massimiliano Allegri kurang cocok dengan filosofi menyerang. Di situ lah peran Fabio Paratici dibutuhkan. Sebagai direktur olahraga, ia berperan untuk merekrut pemain-pemain yang dibutuhkan Maurizio Sarri guna menjalankan proyeknya.

Fungsi tersebut tidak dijalankan dengan baik oleh Fabio Paratici. Ia gagal mendatangkan pemain-pemain yang sesuai dengan kebutuhan Maurizio Sarri. Alhasil, perjalanan Juventus naik turun sepanjang musim 2019-2020 baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

Fabio Paratici sendiri adalah wajah baru di jajaran Dewan Direksi Juventus. Ia menggantikan Giusepp ‘Beppe’ Marotta yang secara mengejutkan dilepas. Pria asal Italia itu lantas menyeberang ke rival bebuyutan Inter Milan dan membangun kesuksesannya sendiri bersama Antonio Conte, yang juga lekat dengan Juventus.

Terkait pengganti Paratici, media-media Italia menyebut nama Federico Cherubini yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Sepakbola dan Teknik Juventus. Ia akan dipromosikan sebagai Direktur Sepakbola Juventus yang baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini