Saingi De Gea, Man United Disarankan Rekrut Schmeichel

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 05:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 45 2256485 saingi-de-gea-man-united-disarankan-rekrut-schmeichel-G5Qfo4zc1c.jpg Man United disarankan rekrut Kasper Schmeichel (Foto: Premier League)

MANCHESTER – Inkonsistensi penampilan David de Gea beberapa kali membuat Manchester United merana. Mantan penjaga gawang klub, Mark Bosnich, menyarankan agar merekrut Kasper Schmeichel dari Leicester City sebagai pesaing utama.

Statistik David de Gea sepanjang Liga Inggris 2019-2020 memang cukup mengkhawatirkan. Kiper berpaspor Spanyol itu memang hanya kebobolan 36 kali dan mencatatkan 13 cleansheet. Capaian itu hanya mampu dikalahkan Liverpool dengan 33 kemasukan dan Ederson Moraes dari Man City dengan 16 kali tanpa kebobolan.

Walau begitu, David de Gea kerap melakukan blunder tidak perlu sepanjang Liga Inggris 2019-2020. Penjaga gawang berusia 29 tahun itu mencatatkan tiga kesalahan fatal yang berujung gol lawan. Catatan tersebut terbilang minim tetapi sungguh mengganggu keseimbangan tim.

Baca juga: De Gea Butuh Pesaing sebagai Kiper Utama Man United

David de Gea beberapa kali melakukan kesalahan fatal (Foto: Premier League)

Mark Bosnich beberapa waktu lalu menyebut David de Gea membutuhkan pesaing agar standar permainannya tidak menurun. Kali ini, pria asal Australia itu menyodorkan nama Kasper Schmeichel sebagai calon rekrutan anyar.

“Ketika dia bermain bagus, dia sebagus kiper-kiper top lain di Liga Inggris. Dia sudah pernah memenangi gelar juara bersama Leicester City, juga mampu tampil konsisten di level internasional selama beberapa waktu,” terang Mark Bosnich, seperti dilansir Goal, Selasa (4/8/2020).

“Kita tidak tahu seperti apa situasi David de Gea, tetapi kita lihat Ole Gunnar Solskjaer mendukungnya dan mempertahankan sang kiper. Masih ada Dean Henderson juga. Namun, saya pikir itu akan jadi langkah yang bagus buat kedua belah pihak,” imbuh pria berusia 48 tahun itu.

Data statistik lagi-lagi bisa menjadi acuan untuk klaim tersebut. Gawang Leicester City kemasukan lebih banyak dibandingkan Man United pada Liga Inggris 2019-2020, yakni 41 kali. Catatan cleansheet David de Gea dan Kasper Schmeichel cukup berimbang, yakni 13 kali.

Dari sisi lain, kiper berkebangsaan Denmark itu lebih unggul, terutama dalam duel udara. Kasper Schmeichel memetik bola 14 kali di udara, sementara de Gea hanya sembilan kali. Duel di udara memang menjadi salah satu kelemahan utama eks kiper Atletico Madrid tersebut.

Nama Schmeichel memang tidak asing dengan Man United. Sebab, ayahnya Peter Schmeichel merupakan kiper legendaris Setan Merah. Kasper kecil juga mengidolasi klub yang bermukim di Old Trafford tersebut. Namun, ia sama sekali tidak pernah berkostum Man United seperti sang ayah.

Man United sebetulnya punya kiper potensial dalam diri Dean Henderson. Ia juga digadang-gadang sebagai penerus David de Gea. Sayangnya, penjaga gawang asal Inggris itu kemungkinan besar akan dipinjamkan semusim lagi untuk menimba pengalaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini