Nathan Ake Datang, Man City Lepas John Stones

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 45 2255126 nathan-ake-datang-man-city-lepas-john-stones-cPaY5nKq23.jpg John Stones siap dilego dengan harga diskon (Foto: Premier League)

MANCHESTER – Manchester City selangkah lagi mendatangkan Nathan Ake dari Bournemouth. Kedatangan pemain asal Belanda itu disebut-sebut bakal membuka pintu keluar bagi John Stones. The Citizens bahkan siap melego pemain berkebangsaan Inggris tersebut dengan harga diskon.

Lini belakang memang menjadi perhatian serius Man City. Sebab, gawang yang dikawal Ederson Moraes bobol sebanyak 35 gol pada Liga Inggris 2019-2020. Rapuhnya lini belakang menjadi penyebab gelar juara Liga Inggris 2019-2020 melayang ke Liverpool.

Cedera yang secara bergantian menimpa personel di jantung pertahanan menjadi pangkal permasalahan. John Stones dan Aymeric Laporte harus absen berbulan-bulan akibat cedera. Belum lagi, stok bek tengah Man City sangat tipis.

Baca juga: Cerita Stones yang Berusaha Bujuk David Silva agar Tak Tinggalkan Man City

Nathan Ake selangkah lagi gabung Man City (Foto: Premier League)

Karena itu, Man City tengah membidik sejumlah nama di bursa transfer musim panas untuk direkrut. Namun, yang bakal merapat bukan Kalidou Koulibaly dari Napoli seperti santer dirumorkan, melainkan Nathan Ake.

Dengan datangnya pemain berusia 25 tahun itu, maka persaingan akan semakin ketat. Dilansir dari The Sun, Jumat (31/7/2020), John Stones berpotensi dikorbankan untuk memberi tempat bagi Nathan Ake di Man City.

Sejumlah klub dikabarkan sudah berminat untuk memakai jasa mantan pemain Everton tersebut. Selain The Toffees, Arsenal, dan West Ham, sedang memantau situasi John Stones. Sebab, Manchester Biru siap memotong harga jual menjadi 20 juta poundsterling (setara Rp380 miliar).

Serangkaian cedera dan penurunan performa membuat Man City ingin menjual John Stones. Padahal, pemain berusia 26 tahun itu direkrut dengan harga cukup tinggi pada 2016 dari Everton, yakni 47,5 juta poundsterling (setara Rp903,4 miliar).

Ketika itu, Man City sangat ngotot mendatangkan John Stones. Sebab, Pep Guardiola kesengsem dengan kemampuan pemain kelahiran Barnsley itu dalam bertahan sekaligus memulai serangan dari belakang. Ia dinilai cocok dengan taktik yang dipakai oleh manajer berkebangsaan Spanyol tersebut.

Potongan harga rela diberikan Man City demi mempercepat proses penjualan John Stones. Apalagi, kontraknya hanya tersisa dua tahun di Etihad. Andai ia bersikeras bertahan, bukan tidak mungkin Stones hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Statistik John Stones sesungguhnya tidak buruk-buruk amat pada Liga Inggris 2019-2020. Tampil sebanyak 16 kali, ia mampu mencatatkan rasio tekel sukses 63% dari 16 kesempatan. Belum lagi, Stones melakukan 31 sapuan serta sembilan kali intersep.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini