Bali United Mainkan 3 Laga Sisa Piala AFC 2020 di Vietnam

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 51 2254586 bali-united-mainkan-3-laga-sisa-piala-afc-2020-di-vietnam-SR3aiRF0sw.jpg Bali United akan berlaga di Vietnam (Foto: Liga Indonesia Baru)

KUALA LUMPUR – Nasib penyelenggaraan Piala AFC 2020 Zona ASEAN akhirnya terkuak. Seluruh pertandingan tersisa Grup F dan G dipindahkan ke Vietnam. Itu berarti Bali United yang tergabung di Grup G, akan menyelesaikan tiga pertandingan tersisa di Negeri Paman Ho.

Melansir dari situs resmi AFC, Kamis (30/7/2020), Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) ditunjuk oleh induk organisasi untuk menjadi tuan rumah tunggal. Tiga partai tersisa di Grup F dan G dijadwalkan digelar pada 23-29 September 2020 di Vietnam.

Seluruh pertandingan Grup F akan dihelat di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh City. Sementara Grup G bermain di Stadion Cham Pa, Cham Pa, Provinsi Quang Ninh. Itu berarti, Bali United akan bermain di Cham Pa untuk tiga pertandingan ke depan.

Baca juga: Jelang Liga 1 Bergulir, Bali United Mulai Latihan Agustus 2020

Trofi Piala AFC (Foto: AFC)

Lokasi pertandingan wakil Indonesia lainnya, PSM Makassar, belum diketahui. AFC masih mencari lokasi yang tepat untuk Grup H. Sedangkan laga semifinal dan final wilayah ASEAN baru akan dikonfirmasi belakangan setelah pengundian babak gugur Piala AFC 2020 di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27 Agustus mendatang.

Sebagaimana diketahui, Piala AFC 2020 dihentikan sementara waktu sejak Maret lalu akibat pandemi Covid-19. Awalnya, semua laga yang melibatkan Zona Asia Tenggara (ASEAN) ditunda hingga Juli 2020. Namun, AFC akhirnya memutuskan memakai format single tournament untuk menyelesaikan fase grup.

Karena keadaan pula, AFC mengubah format babak semifinal dan final zona ASEAN menjadi satu leg saja. Biasanya, babak semifinal dan final zona digelar dalam format kandang dan tandang. Merujuk pernyataan di atas, belum diketahui kapan dan di mana pelaksanaan babak berikutnya itu.

Bali United sendiri masih berpeluang untuk lolos dari Grup G kendati menghuni posisi buncit dengan nilai tiga. Pasalnya, mereka hanya berjarak satu poin dengan penghuni tangga nomor dua, Than Quang Ninh dari Vietnam, yang akan menjadi tuan rumah.

PSM Makassar

(PSM Makassar belum tahu akan bermain kapan)

Bagi Than Quang Ninh, pemindahan lokasi tiga pertandingan terakhir tentu menjadi keuntungan tersendiri. Sebab, mereka akan berlaga di kandang sendiri. Selain Bali United dan Than Quang Ninh, Grup G juga dihuni wakil Filipina, Ceres Negros, dan wakil Kamboja, Preah Khan Reach Svay Rieng FC.

Peluang untuk lolos ke babak semifinal zona ASEAN juga masih terbuka untuk PSM Makassar. Juku Eja saat ini menghuni peringkat tiga klasemen sementara Grup H dengan empat angka. Mereka terpaut tiga poin dari pemuncak klasemen, Tampines Rovers, dan hanya defisit satu dari Kaya Ilo-Ilo FC.

Bali United dan PSM Makassar masih bisa berharap lolos sebagai salah satu dari tiga runner-up terbaik. Pesaing mereka saat ini adalah Yangon United yang mengemas tujuh poin dari tiga laga di Grup F dan Kaya Ilo-Ilo yang mengoleksi lima angka di Grup H.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini