Share

Jika Liga 1 2020 Dilanjutkan Tanpa Penonton, Ponaryo: Pemain Harus Adaptasi

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 21 49 2233842 jika-liga-1-2020-dilanjutkan-tanpa-penonton-ponaryo-pemain-harus-adaptasi-j6m4zrCKbM.jpg Para pemain Persija Jakarta. (Foto: Twitter Persija Jakarta)

JAKARTA – General Manajer Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), Ponaryo Astaman, membicarakan soal nasib penyelenggaraan kompetisi Liga 1 2020. Jika akhirnya bisa dilanjutkan dan berlangsung tanpa penonton, Ponaryo menilai para pemain mau tidak mau harus beradaptasi dengan situasi tersebut.

Kompetisi Liga 1 2020 memang harus ditangguhkan sejak Maret akibat merebaknya virus corona. Tetapi, pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah memastikan bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 akan dilanjutkan, meski belum menyebutkan tanggal pastinya.

Para pemain Borneo FC

Jika kompetisi berlanjut, opsi pertandingan digelar secara tertutup alias tanpa penonton pun sangat mungkin diterapkan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona. Ponaryo sendiri mengatakan bahwa penyelenggaraan kompetisi dalam situasi ini bisa menimbulkan dampak, mulai dari segi bisnis atau finansial klub, hingga semangat para pemain.

BACA JUGA: Ponaryo: Para Pemain Sudah Gatal Kembali Berlaga

Tetapi, kondisi tersebut dinilai harus tetap siap dihadapi para pemain jika ingin tetap berlaga. Sebab, kesehatan dan keselamatan berbagai pihak menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan di tengah merebaknya virus corona.

“Ya itulah, mau tidak mau harus adaptasi ke situ (bermain tanpa penonton). Jadi, yang menjadi pertimbangan utama dari kelanjutan liga ini nanti biar bagaimanapun adalah tetap kesehatan dan keselamatan,” ujar Ponaryo  dalam wawancara bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Minggu (21/6/2020).

“Kalau pun memang harus dilakukan tanpa penonton sekali pun, ya itu pilihan yang harus diambil bagaimana harus menyiasatinya. Memang akan ada dampak secara bisnis atau secara ekonomi yang bertanding, dengan semangat liga, tetapi memang itu syarat yang tidak bisa ditawar,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini